Analisis Efisiensi Pemasaran Karang Hias di Pulau Panggang, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu
View/ Open
Date
2005Author
Passiamanto, Henrikus
Nurhayati, Popong
Diatin, Iis
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemasaran menjadi permasalahan utama yang dialami oleh nelayan karang
hias di Pulau Panggang. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya harga jual karang hias
yang diperoleh nelayan. Perbedaan harga jual nelayan dengan harga yang
dibayarkan konsumen akhir dapat rnenggambarkan seberapa efisien saluran
pemasaran yang ditempuh oleh nelayan. Semakin besar selisih antara harga jual
nelayan dengan harga yang dibayarkan konsumen akhir menjadi indikasi akan
semakin tidak efisiennya saluran pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran karang
hias dan menganalisis efisiensi pemasaran karang hias dengan melihat struktur
pasar, perilaku pasar dan keragaan pasar karang hias di Pulau Panggang,
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima saluran pemasaran
karang hias di Pulau Panggang. Struktur pasar yang terbentuk mengarah pada
pasar persaingan tidak sempurna. Dari perilaku pasar diketahui bahwa praktek
praktek dalam menjalankan fungsi - fungsi pemasaran lebih banyak merugikan
nelayan dan sangat menguntungkan lembaga pemasaran yang berada diatasnya.
Dari keragaan pasar diketahui bagian (share) yang diterima nelayan relatif rendah,
keuntungan antar lembaga pemasaran tidak menyebar merata, biaya pemasaran
relatif tinggi, dan margin pemasaran yang cukup tinggi. Dengan melihat struktur
pasar, perilaku pasar, dan keragaan pasar dapat dikatakan pemasaran karang hias
di Pulau Panggang, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tidak efisien.