Show simple item record

dc.contributor.advisorIskandar, Budhi Hascaryo
dc.contributor.authorHandayani, Marisa
dc.date.accessioned2023-10-28T13:44:08Z
dc.date.available2023-10-28T13:44:08Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128868
dc.description.abstractKapal perikanan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kegiatan usaha penangkapan ikan seperti penangkapan dan pengangkutan ikan. Sebagian besar kapal ikan yang beroperasi di Indonesia dibangun secara tradisional dengan mengandalkan kepandaian yang diajarkan secara turun-temurun. Kapal penangkapan ikan tersebut dibangun tanpa menggunakan gambar-gambar desain seperti general arrangement, lines plan, deck profile construction, engine seating, perhitungan hidrostatis, stabilitas, trim dan sebagainya. Dengan demikian kapal-kapal ikan tradisional umumnya kurang memperhatikan stabilitas. Informasi mengenai stabilitas sangat penting, stabilitas berpengaruh bukan hanya pada keamanan kapal di laut tapi juga memiliki pengaruh langsung terhadap operasi kapal dan kenyamanan awak kapal. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat tingkat kualitas stabilitas pada kapal-kapal ikan tradisional tersebut dengan cara melakukan perhitungan dan analisis terhadap stabilitas kapal tersebut. Analisis ini dilakukan terhadap kapal gillnet yang dibuat digalangan rakyat Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Penelitian mengenai stabilitas statis kapal gillnet ini menggunakan metode analisis deskriptif numerik. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data dimensi utama kapal dan gambar lines plan (rencana garis) yang terdiri dari profile plan, half breath plan, body plan serta general arrangement. Analisis data dilakukan terhadap rasio dimensi utama kapal, parameter hidrostatis kapal dan terhadap kualitas stabilitas statis kapal gillnet. Analisis rasio dimensi utama kapal meliputi rasio antara panjang dan lebar (LIB), lebar dan dalam (B/D) serta panjang dan dalam (LID). Nilai ketiga rasio tersebut selanjutnya dibandingkan dengan nilai pembanding. Analisis yang kedua dilakukan terhadap parameter hidrostatis kapal dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus naval architect. Nilai parameter tersebut meliputi: volume displacement (m3), ton displacement (ton), water area (Aw) (m2), midship area (A®) (m2), ton per centimetre (TPC), coefficient of block (Cb), coefficient of prismatic (Cp), coefficient of vertical prismatic (Cvp), coefficient of waterplane (Cw), coefficient of midship (C®), Longitudinal Centre Buoyancy (LCB), jarak KB (m), jarak BM (m), jarak KM (m), jarak BML (m), dan jarak KML (m). Nilai parameter tersebut kemudian digambarkan dalam kurva parameter hidrostatis. Analisis yang ketiga dilakukan terhadap stabilitas statis kapal gillnet. Hasil analisis yang diperoleh dari ketiga rasio LIB, LID, dan BID, masing-masing bernilai sebesar 3,69; 9,55; dan 2,53. Nilai rasio LIB akan berpengaruh terhadap kecepatan, rasio LID berpengaruh terhadap kekuatan memanjang kapal, sedangkan rasio BID berpengaruh terhadap stabilitas kapal. Ketiga nilai tersebut hanya nilai rasio BID yang sesuai dengan nilai pembanding. Hal ini menunjukan bahwa kapal gillnet tersebut memiliki stabilitas yang sesuai sebagai kapal penangkapan dengan alat tangkap statis. Analisis terhadap parameter hidrostatis kapal dilakukan untuk melihat keragaan kapal gillnet secara statis. Data-data hasil perhitungan hidrostatis kapal, dimasukkan kedalam tabel hidrostatis yang kemudian digambarkan dalam kurva parameter hidrostatis pada setiap kenaikan tinggi garis air (water line). Untuk nilai koefisien bentuk yang diperoleh selanjutnya dibandingkan dengan acuan. Berdasarkan perhitungan, nilai-nilai koefisien bentuk masing-masing sebesar Cb= 0,479; Cp= 0,659; Cvp= 0,554; Cw= 0,864; dan C®= 0,727. Bila dibandingkan dengan nilai pembanding, dari kelima nilai di atas, hanya nilai C@ yang berada dalam selang sedangkan, nilai Cb, Cp, Cvp, dan Cw berada di bawah nilai standar yang ditetapkan. Bila dilihat secara keseluruhan, kapal gillnet yang dikaji memiliki tingkat kegemukan yang belum sesuai untuk kapal yang mengoperasikan alat tangkap statis. Stabilitas statis kapal gillnet pada kondisi draft desain (0,50 m) dengan KG desain (0,80 m) yang dianalisis belum memenuhi kriteria yang direkomendasikan oleh United Kingdom dalam Fishing Vessels Rules, 1975. Luas area pada kondisi draft desain dengan beberapa variasi KG (0,80 m; 0,90 m; 1,00 m; dan 1,08 m) bervariari. Luas areanya semakin kecil seiring dengan bertambahnya nilai KG. Dari ketiga variasi KG di atas, nilai KG = 0,80 m dapat dikatakan sebagai nilai maksimum pusat titik berat kapal. Distribusi muatan secara vertikal hendaknya tidak menyebabkan pusat titik berat melebihi nilai ini. Kondisi pada saat KG desain dengan beberapa variasi draft (0,70 m; 0,80 m; dan 0,90 m) nilai luas areanya pun berkurang seiring dengan pertambahan tinggi draft. Ketiga kondisi di atas menghasilkan lengan GZ yang positif hal ini menunjukan pada ketiga kondisi di atas kapal dapat menghasilkan momen kopel yang positif untuk meengembalikan kapal ke posisi semula setelah mengalami oleng. Kesemua kondisi diatas berada pada kondisi keseimbangan stabil (stable equilibrium), dimana pada kondisi ini kapal dapat kembali ke posisi semula setelah kapal mengalami kemiringan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcFishing Management and Technologyid
dc.titleStabilitas Statis Kapal Gillnet "Harapan Baru" Produksi Galangan Rakyat Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta Utaraid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordKapal gillnetid
dc.subject.keywordKapal tradisionalid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record