Pemilihan media iklan dalam strategi promosi di restoran di kota Bogor
Abstract
Restoran merupakan salah satu industri jasaboga yang berkembang di Kota Bogor. Perkembangan ini dapat dilihat dari angka pertumbuhannya yang meningkat, sekitar 14,35% pertahun (Dinas Pariwisata, Budaya, dan Seni Kota Bogor, 2002). Hal ini mengakibatkan makin tingginya tingkat persaingan bisnis diantara mereka. Persaingan yang terjadi dalam industri ini menuntut kemampuan pihak pengelola restoran untuk meramu suatu strategi pemasaran yang tepat.
Periklanan merupakan salah satu komponen strategi promosi yang paling sering dilakukan oleh pihak pengelola restoran. Karena pihak pengelola sadar bahwa dengan periklanan maka informasi tentang produk atau restorannya dapat diketahui oleh calon konsumen. Hal ini disebabkan konsumen percaya bahwa suatu merek atau produk yang sering diiklankan dapat menawarkan nilai yang baik (Kotler, 2000), Dengan demikian sangat menarik untuk mengetahui proses pemilihan media iklan di restoran-restoran tersebut.
Penelitian ini dilakukan terhadap lima restoran domestik di Kota Bogor yang melakukan promosi iklan. Kelima restoran domestik tersebut adalah Gumati Café, Macaroni Panggang, Restoran X, Saung Mirah, dan Sian International Restaurant. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pihak pengelola restoran dalam memilih media iklan, menganalisis prioritas faktor pertimbangan tersebut, dan menganalisis prioritas media iklan berdasarkan faktor- faktor pertimbangan tersebut.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara langsung (kuisioner) dengan pihak perusahaan. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Alat analisis yang digunakan adalah Metode Proses Hirarki Analitik (PHA) dan diolah dengan Software Expert Choice 2000.