Analisis pengaruh denominasi Rp500.000 dan tingkat harga terhadap belanja dengan pendekatan eksperimental ekonomi
Abstract
Pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi saat ini perlu didukung oleh
terjaminnya ketersediaan uang kartal. Meningkatnya kebutuhan uang kartal setiap
tahun, membuat uang kartal sampai saat ini masih menjadi pilihan utama alat
pembayaran, terutama uang denominasi besar. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh denominasi Rp500.000 dan tingkat harga terhadap
keputusan belanja. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari
metode percobaan ekonomi dengan responden 120 mahasiswa. Melalui uji ankova
diperoleh hasil bahwa faktor yang signifikan memengaruhi keputusan belanja
konsumen adalah faktor tingkat harga dan interaksi antara faktor denominasi dan
tingkat harga. Faktor denominasi baru berpengaruh terhadap keputusan belanja
ketika sudah berinteraksi dengan faktor lain atau tergantung pada faktor lain. Ketika
harga barang tinggi konsumen akan lebih nyaman menggunakan denominasi tinggi
dan sebaliknya. Hal itu berarti bahwa Bank Indonesia diharapkan mengalokasikan
denominasi besar ke daerah yang harga barangnya relatif tinggi.