Analisis daya saing dan faktor-faktor yang memengaruhi ekspor alas kaki Indonesia ke negara tujuan utama
Abstract
Perdagangan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia salah satunya ialah
komoditi alas kaki yang juga merupakan satu dari sepuluh komoditi unggulan
yang diekspor oleh Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis daya
saing ekspor alas kaki, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor alas
kaki dan dinamika pasar ekspor alas kaki Indonesia ke negara tujuan. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari World
Bank, ITC, CEPII dan WITS. Metode analisis menggunakan RCA dan EPD untuk
mengetahui daya saing dan dinamika ekspor alas kaki, serta gravity model untuk
menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor alas kaki Indonesia. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa alas kaki Indonesia memiliki daya saing
komparatif dengan nilai RCA yang lebih dari satu. Hasil estimasi EPD
menunjukkan bahwa rata-rata terjadi pertumbuhan pangsa pasar dan permintaan
ekspor alas kaki. Pada hasil gravity model menunjukkan bahwa variabel yang
signifikan adalah GDP perkapita Indonesia, GDP perkapita negara tujuan, harga
ekspor, populasi dan nilai tukar, sedangkan jarak ekonomi tidak berpengaruh.