Analisis Hubungan Penerapan Etika Bisnis Islam terhadap Keberhasilan Usaha Bisnis Online di Bogor
View/ Open
Date
2017Author
Marzella, Viny
Ayyubi, Salahuddin El
Widyastutik
Metadata
Show full item recordAbstract
Hadirnya teknologi internet yang semakin terjangkau oleh masyarakat
menjadi potensi untuk memulai dan mengembangkan bisnis online. Namun,
dampak perkembangan teknologi internet ini dimanfaatkan pula oleh orang yang
tidak bertanggung jawab dengan melakukan suatu praktik bisnis yang melanggar
etika. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat
dan keberhasilan usaha bisnis online tersebut. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis persepsi pebisnis online terhadap penerapan etika bisnis Islam dan
menganalisis hubungan penerapan etika bisnis Islam terhadap keberhasilan usaha
bisnis online di Bogor. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode analisis deskriptif untuk menganalisis persepsi pebisnis, sedangkan
Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) digunakan untuk
menganalisis hubungan penerapan etika bisnis Islam terhadap keberhasilan usaha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis Islam dalam manajemen
keuangan memiliki hubungan signifikan secara langsung terhadap keberhasilan
usaha, sedangkan etika bisnis Islam dalam manajemen sumber daya manusia dan
pemasaran memiliki hubungan namun secara tidak langsung
