Pengaruh bentuk dan frekuensi penyajian pesan gizi seimbang melalui folder
View/ Open
Date
1994Author
Harahap, Halomoan
Hubeis, Aida Vitayala S.
Harun, Rochayat
Matindes, Krishnarini
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan
pengaruh bentuk penyajian pesan· positif negatif
melalui folder terhadap penambahan pengetahuan dan peru-,
bahan sikap, (2) perbedaan pengaruh penyampaian pesan
satu kali dan pengulangan melalui folder terhadap penambahan
pengetahuan dan perubahan sikap, dan 3) kombinasi
yang paling efektif antara empat bentuk pesan dan frekuepsi
penyajian pesan melalui folder terhadap penambahan
pengeta huan dan perubahan sikap.
Untuk mengukur penambahan pengetahuan dan perubahan
sikap dipergunakan kuesioner memperhatikan validitas
dan reliabilitas. Reliabilitas instr umen pengetahuan
adalah 0.88. Reliabilitas instrumen sikap adalah 0.99.
Rancangan penelitian ini adalah bersifat "eksperimen"
dengan responden siswa kelas III SMA Bintara Depok.
Kepada responden diberikan perlakuan membaca folder yang
berisi pesan kombinasi positif dan negatif, masing-masing
sebanyak satu kali dan dua kali. Data hasil penelitian
diolah dengan analisis sidik ragam, uji nilai tengah, dan
analisis covarian.
Bentuk pesan positif dan negatif tidak mempunyai
pengaruh yang berbeda terhada p penambahan pengetahuan dan
pengubahan sikap responden. Frekuensi pen ya j ian pesan
berulang lebih efektif dari pada penyajian satu kali dalam
menambah pengetahuan dan mengubah sikap responden. Kombinasi
bentuk pesan positif dan negatif dan frekuensi
penyajian satu kali dan berulang, tidak mempunyai pen garuh
yang berbeda.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa folder
gizi seimbang yang dirancang dengan menggunakan bentuk
pesan positif dan negatif menunjukkan pengaruh yang sama
terhadap penambahan pengetahuan dan pengubahan sikap
responden. Frekuensi pen yajian pesan berulang lebih efektif
untuk menambah pengetahuan dan mengubah sikap responden
terhadap pesan gizi seimbang. Kombinasi bentuk pesan
dengan frekuensi penyajian mempunyai pengaruh yang sama
terhadap penambahan pengetahuan dan perubahan sikap
responden terhadap gizi seimba ng. Akhirnya dapat disarankan,
untuk menambah dan mengubah sikap terhadap gizi
seimbang dengan mengg unakan folder, penyajian pesan sebaiknya
dilakukan berulang. Pengukuran pengubahan sikap
responden sebaiknya dilakukan setelah beberapa hari terdedah
terhadap folder.
Collections
- MT - Human Ecology [2198]