View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Dampak peningkatan pelayanan transportasi keretaapi (Jabotabek) terhadap pola penggunaan lahan daerah penyangga metropolitan (Jakarta): studi kasus Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (5.952Mb)
      Date
      1994
      Author
      Gandasasmita, Sumbardja
      Nasoetion, Lutfi Ibrahim
      Anwar, Affendi
      Siregar, Hermanto
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Konversi lahan pertanian di daer·ah penyangga metropolitan adalah konsekuensi log is dari perkernbangan kota. Hal ini disebabkan oleh proses aglomerasi kegiatan ekonomi di pusat kota yang memacu urbanisasi (desa-kota) dan meningkat pesatnya harga tanah menjadi tidak terkendali, akibat tidak seirnbangnya permintaan dan penyediaan lahan. Kebutuhan lahan tersebut dapat dipenuhi oleh daerah penyangga yang dapat menyediakan lahan yang relatif luas dengan harga yang terjangkau. Penerapan Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) di DKIJakarta khususnya dan JABOTABEK pada umumnya adalah suatu keharusan,. karena SAUM (terutama keretaapi) (1) dapat menjadi pemandu arah dan pengendali pengembangan kota dan (2) mengatasi konflik yang ditimbulkan oleh interaksi yang tidak seirnbang antara transportasi dengan penggunaan lahan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memprakirakan dampak peningkatan penyediaan fasilitas keretaapi JABOTABEK terhadap kecenderungan permintaan penumpang dan\(2) mengetahui hubungan keterkaitan dan dampak antara peningkatan penyediaan fasilitas keretaapi JABOTABEK dengan pola penggunaan lahan di daerah penyangga DKI-Jakarta. Data wawancara rumah tangga dilakukan pada 204 responden dari 9 desa sampel, selain i tu dilakukan survei penumpang keretaapi sebanyak 978 responden dari 2 stasiun. Data sekunder didapat dari berbagai instansi, baik berupa data statistik, maupun peta-peta dan foto-udara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keretaapi merupakan sarana transportasi utama yang digunakan oleh penduduk di daerah penelitian untuk bepergian ke Jakarta (keretaapi dipilih oleh 76,4% responden dalam wawancara rumah tangga). Pertambahan penumpang keretaapi dari daerah penelitian selama kurun waktu 1983 1993 adalah dari 1,04 juta orang/tahun menjadi 4,5 juta orang/tahun. ...
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124760
      Collections
      • MT - Human Ecology [2393]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository