| dc.description.abstract | Ikan tuna merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia dan
memiliki potensi yang besar di Indonesia. Meskipun memiliki potensi yang besar,
Indonesia hanya menempati urutan kedua sebagai negara produsen ikan tuna di
ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji struktur pasar tuna Indonesia
di pasar internasional, (2) menganalisis daya saing ekspor tuna Indonesia di pasar
internasional, serta (3) menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor tuna
Indonesia di pasar internasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
analisis data sekunder, sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu
Herfindahl Hirschman Index (HHI) dan Concentration Ratio (CR4), Revealed
Comparative Advantage (RCA) dan Export Product Dynamic (EPD) serta regresi
data panel. Hasil analisis HHI dan CR4 menyatakan bahwa stuktur pasar komoditas
tuna segar dan tuna beku adalah pasar persaingan sempurna, sementara struktur
pasar pada tuna olahan adalah pasar oligopoli. Analisis RCA menunjukkan bahwa
tuna segar, beku dan olahan Indonesia memiliki daya saing kuat di negara tujuan
ekspor Amerika dan Jepang. Analisis EPD menerangkan bahwa Indonesia berada
pada posisi rising star di pasar Amerika, Perancis dan Bulgaria pada komoditas
ikan tuna olahan. Analisis regresi data panel membuktikan bahwa variabel yang
memengaruhi nilai ekspor ikan tuna Indonesia di pasar tujuan ekspor adalah harga
ekspor ikan tuna. | id |