Show simple item record

dc.contributor.advisorSlamet, Alim Setiawan
dc.contributor.authorKurniawan, Helmi Faiz
dc.date.accessioned2023-08-21T15:42:40Z
dc.date.available2023-08-21T15:42:40Z
dc.date.issued2023-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/124158
dc.description.abstractBeberapa tahun belakangan industri game di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Dengan berkembangnya industri game jumlah komunitas gamer semakin meningkat, dan juga semakin banyak orang-orang yang menjadi influencer video game. Baik itu menjadi lets player maupun menjadi media game. Komunitas dan influencer menjadi hal yang penting bagi para gamer karena dapat membantu para gamer dalam mengambil keputusan, baik keputusan untuk menyusun item agar karakter didalam game semakin kuat sampai membantuk dalam memutuskan ingin membeli suatu produk atau tidak. Peneliti melakukan penelitian ini karena tertarik pada industri video game karena masih sedikit juga penelitian mengenai industri video game. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM PLS. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden dan mengetahui tanggapan responden terkait variable-variabel yang digunakan seperti Komunitas. Kuisioner dalam penelitian ini menggunakan skala likert untuk pembobotannya. Analisis structural equation modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares (PLS) diaplikasikan untuk melihat pengaruh langsung antara peubah atau variabel laten terhadap keputusan pembelian gamer. Analisis ini berfungsi untuk menguji hipotesis pada penelitian ini. Variabel yang digunakan dibagi menjadi variabel laten dan manifest. Hasil dari penelitian ini adalah komunitas dan influencer memiliki pengaruh yang positif dengan keputusan pembelian. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain dengan mengikuti suatu komunitas ataupun menjadi pengikut dari seorang influencer dapat membantu memutuskan pembelian dari produk apa yang ingin dibeli, apakah produk yang akan dibeli memang layak untuk dibeli, sehingga tidak ada penyesalan dalam membeli produk tersebut.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Komunitas dan Influencer Game Terhadap Keputusan Pembelian Produk Video Gameid
dc.title.alternativeThe Impact of Game Communities and Game Influencer on Video Game Product Purchase Decisionsid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordCommunityid
dc.subject.keywordGamerid
dc.subject.keywordInfluencerid
dc.subject.keywordPurchase Decisionid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record