dc.description.abstract | Beberapa tahun belakangan industri game di Indonesia semakin hari semakin
berkembang. Dengan berkembangnya industri game jumlah komunitas gamer
semakin meningkat, dan juga semakin banyak orang-orang yang menjadi influencer
video game. Baik itu menjadi lets player maupun menjadi media game. Komunitas
dan influencer menjadi hal yang penting bagi para gamer karena dapat membantu
para gamer dalam mengambil keputusan, baik keputusan untuk menyusun item agar
karakter didalam game semakin kuat sampai membantuk dalam memutuskan ingin
membeli suatu produk atau tidak. Peneliti melakukan penelitian ini karena tertarik
pada industri video game karena masih sedikit juga penelitian mengenai industri
video game.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan
analisis deskriptif dan analisis SEM PLS. Penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden dan mengetahui tanggapan
responden terkait variable-variabel yang digunakan seperti Komunitas. Kuisioner
dalam penelitian ini menggunakan skala likert untuk pembobotannya. Analisis
structural equation modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Squares
(PLS) diaplikasikan untuk melihat pengaruh langsung antara peubah atau variabel
laten terhadap keputusan pembelian gamer. Analisis ini berfungsi untuk menguji
hipotesis pada penelitian ini. Variabel yang digunakan dibagi menjadi variabel laten
dan manifest.
Hasil dari penelitian ini adalah komunitas dan influencer memiliki pengaruh
yang positif dengan keputusan pembelian. Baik secara langsung maupun tidak
langsung. Dengan kata lain dengan mengikuti suatu komunitas ataupun menjadi
pengikut dari seorang influencer dapat membantu memutuskan pembelian dari
produk apa yang ingin dibeli, apakah produk yang akan dibeli memang layak untuk
dibeli, sehingga tidak ada penyesalan dalam membeli produk tersebut. | id |