Modal Sosial Kelompok Pemuda LMDH Bukit Amanah dalam Bisnis Kopi Puntang di Kabupaten Bandung
Abstract
Perhutanan Sosial di LMDH Bukit Amanah diimplementasikan melalui usaha
budidaya kopi pola agroforestri dan pengolahan produk kopi. Kelompok pemuda
diberi tangung jawab bisnis pengolahan dan pemasaran kopi. Modal sosial menjadi
salah satu modal kelompok pemuda untuk mencapai keberhasilan pemasaran produk.
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan hubungan modal sosial kelompok pemuda
dengan kinerja pemasaran produk kopi puntang. Penelitian dilakukan terhadap 20
orang pemuda anggota LMDH Bukit Amanah. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kelompok pemuda memiliki kekuatan modal sosial mengikat, modal sosial
menghubungkan, dan modal sosial menjembatani. Namun demikian, kemampuan
berjejaring (modal sosial menjembatani) khususnya dalam pemasaran masih
terbatas. Pemasaran kopi belum dapat menembus ke konsumen baru, sehingga
kinerja pemasaran cenderung tetap, bahkan mengalami penurunan. Peningkatan
kemampuan komunikasi interpersonal sebagai dasar untuk membangun jaringan
sosial yang lebih luas meningkatkan kinerja pemasaran Kopi Puntang. Social Forestry in LMDH Bukit Amanah is implemented through agroforestry
coffee cultivation and coffee product processing. The youth group is responsible
for the coffee processing and marketing business. Social capital is one of the youth
groups' capital to achieve product marketing success. The study aimed to explain
the relationship between youth groups' social capital and Puntang coffee products'
marketing performance. The research was conducted on 20 youth members of
LMDH Bukit Amanah. The results showed that the youth group has the strength of
binding social capital, connecting social capital, and bridging social capital.
However, the ability to network (bridging social capital), especially in marketing,
still needs to be improved. Coffee marketing has not been able to penetrate new
consumers, so marketing performance tends to remain, even experiencing a decline.
Improving interpersonal communication skills as a basis for building a wider social
network improves the marketing performance of Puntang Coffee.
Collections
- UT - Forest Management [2836]