Show simple item record

dc.contributor.advisorHidayat, Nia Kurniawati
dc.contributor.authorPutri, Lovina Aresta
dc.date.accessioned2023-07-27T06:18:07Z
dc.date.available2023-07-27T06:18:07Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/122722
dc.description.abstractJepang menempati posisi utama sebagai negara pengimpor terbesar untuk produk arang tempurung kelapa dunia (HS 440290) yang sebagian besar diimpor dari wilayah ASEAN. Sebagai negara eksportir terbesar arang tempurung kelapa dunia, nilai ekspor arang tempurung kelapa Indonesia di pasar Jepang masih menunjukkan kondisi yang fluktuatif. Hal ini menunjukkan bahwa praktik ekspor arang tempurung kelapa Indonesia di pasar Jepang belum optimal dan terdapat potensi nilai ekspor yang belum dimanfaatkan (untapped potential). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi dan potensi daya saing ekspor arang tempurung kelapa Indonesia di pasar Jepang dikomparasikan dengan negara ASEAN lainnya. Penelitian ini menggunakan metode TBI, RCA, RSCA, EPD, Product Mapping, dan X-Model. Hasil analisis TBI menunjukkan bahwa Indonesia cenderung berperan sebagai net-exporter pada tahap kematangan ekspor bersamaan dengan Malaysia, Vietnam, dan Laos. Hasil analisis RCA dan Product Mapping menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing komparatif di pasar Jepang bersamaan dengan Laos dan Malaysia. Sementara itu, dilihat dari sisi EPD dan X-Model, arang tempurung kelapa Indonesia didominasi posisi retreat dan pasar kurang potensial.id
dc.description.abstractJapan occupies the main position as the largest importing country for the world's coconut shell charcoal products (HS 440290), most of which are imported from the ASEAN region. As the world's largest exporter of coconut shell charcoal, the value of Indonesia's coconut shell charcoal exports to the Japanese market is still fluctuating. This shows that the practice of exporting Indonesian coconut shell charcoal in the Japanese market is not optimal and there is an untapped potential for export value. This study aims to analyze the position and potential competitiveness of Indonesia's coconut shell charcoal exports in the Japanese market compared to other ASEAN countries. This study used TBI, RCA, RSCA, EPD, Product Mapping, and X-Model methods. The results of the TBI analysis show that Indonesia tends to act as a net-exporter at the export maturity stage along with Malaysia, Vietnam and Laos. The results of RCA and Product Mapping analysis show that Indonesia has comparative competitiveness in the Japanese market along with Laos and Malaysia. Meanwhile, from the perspective of EPD and X-Model, Indonesian coconut shell charcoal is dominated by retreat positions and a less potential market.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis Komparasi Daya Saing Ekspor Produk Arang Tempurung Kelapa Negara ASEAN di Pasar Jepangid
dc.title.alternativeComparative Analysis of Export Competitiveness of Coconut Shell Charcoal Products from ASEAN Countries in the Japanese Marketid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordposisi eksporid
dc.subject.keywordpotensi eksporid
dc.subject.keywordproduk turunan kelapaid
dc.subject.keywordspesialisasi eksporid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record