dc.description.abstract | Pertumbuhan penduduk mendorong aktivitas ekonomi yang dapat
menimbulkan permasalahan sampah. Hal ini turut terjadi di Kota Jambi sebagai
kota terpadat di Provinsi Jambi dengan timbulan sampah terbesar berasal dari
rumah tangga sehingga perlu adanya pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang
salah satunya dilakukan di Bank Sampah Tanjung Sari. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi sistem pengelolaan sampah di Bank
Sampah Tanjung Sari; 2) Menganalisis persepsi dan tingkat partisipasi nasabah
Bank Sampah Tanjung Sari; 3) Menganalisis pemetaan stakeholder yang terlibat
pada Bank Sampah Tanjung Sari; dan 4) Mengestimasi manfaat ekonomi Bank
Sampah Tanjung Sari. Metode yang digunakan yaitu analisis skala Likert,
multidimensional scaling, analisis stakeholder, dan analisis pendapatan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa sistem pengelolaan sampah sudah baik meskipun
masih sederhana. Persepsi nasabah terhadap bank sampah sangat baik dengan
tingkat partisipasi yang cukup baik. Bank Sampah Tanjung Sari memiliki delapan
stakeholder yang memiliki kepentingan dan pengaruh dalam pengelolaan sampah.
Selain itu, program CSR PT Pertamina Trans Kontinental memiliki peran penting
dalam keberlanjutan bank sampah, terutama dari segi ekonomi. | id |