Show simple item record

dc.contributor.advisorMuljono, Pudji
dc.contributor.advisorKusumastuti, Yatri I
dc.contributor.authorWidigdo, Tetuko
dc.date.accessioned2023-07-04T13:35:47Z
dc.date.available2023-07-04T13:35:47Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/120768
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis persepsi pelanggan media Radar Bogor terhadap pemberitaan pembangunan;(2) Menganalisis hubungan antara karakteristik khalayak dengan persepsi berita pembangunan di media Radar Bogor; (3) Menganalisis hubungan antara persepsi dan perilaku responden terhadap pemberitaan pembangunan di Harian Radar Bogor. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Bogor kota dengan berbagai macam karakteristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pendapatan berhubungan nyata dengan penempatan berita yang digunakan di Harian Radar Bogor. Nilai korelasi 0.2o8 menunjukkan bahwa hubungan tersebut positif semakin tinggi pendapatan seorang responden maka semakin baik pula persepsi mereka terhadap Bahasa yang digunakan oleh Harian Radar Bogor; (2) Tingkat pendapatan seorang responden berhubungan nyata dengan persepsi terhadap bahasa yang dipergunakan di Harian Radar Bogor, nilai korelasi 0.236 menunjukan bahwa nilai hubungan tersebut positif, semakin tinggi kekosmopolitan seorang responden maka semakin baik pula persepsi mereka terhadap bahasa yang digunakan oleh Harian Radar Bogor; (3) Tingkat kekosmopolitan berhubungan nyata dengan persepsi terhadap bahasa di Harian Radar Bogor, nilai korelasi 0.210 menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat kekosmopolitan maka perspesi terhadap bahasa yang digunakan di Harian Radar Bogor semakin baik. Persepsi terhadap isi pemberitaan pembangunan berhubungan sangat nyata dengan perilaku responden pada indikator kognisi dan afeksi sementara itu pada indikator behavioral persepsi terhadap isi pemberitaan pembangunan berhubungan nyata, nilai korelasi ke semua hubungan menunjukan bahwa nilai hubungan yang positif, semakin baik persepsi seorang responden terhadap isi pemberitaan maka semakin baik pula perilaku mereka terhadap perilaku masyarakat terhadap pemberitaan pembangunan semakin sering diberitakan mengenai pembangunan maka akan berpengaruh terhadap perilaku responden sesuai dengan apa yang diberitakan dalam Harian Radar Bogor; (4) Persepsi responden terhadap cakupan jenis berita berhubungan sangat nyata dengan perilaku responden pada indikator kognisi, afeksi dan behavioral. Nilai korelasi kesemua hubungan menunjukan bahwa nilai hubungan yang positif, semakin baik persepsi seorang responden terhadap cakupan jenis berita maka semakin baik pula perilaku masyarakat terhadap pemberitaan pembangunan, semakin sering cakupan berita pembangunan ada dalam Harian Radar Bogor, tentu akan sering di baca oleh responden, hal itu yang dapat memberikan pengaruh positif mengenai pemberitaan pembangunan dan sikap para respondennya; (5) Persepsi responden terhadap penempatan berita berhubungan sangat nyata dengan perilaku responden pada indikator behavioral dan afeksi sementara itu pada indikator kognisi persepsi terhadap penempatan berita berhubungan nyata, nilai korelasi ke semua hubungan menunjukan bahwa nilai hubungan yang positif, semakin baik persepsi seorang responden terhadap penempatan berita maka semakin baik pula perilaku mereka terhadap perilaku masyarakat terhadap pemberitaan pembangunan; (6) Persepsi terhadap bahasa yang digunakan Harian Radar Bogor berhubungan sangat nyata dengan perilaku responden pada indikator kognisi dan afeksi sementara itu pada indikator behavioral persepsi Bahasa yang digunakan Harian Radar Bogor berhubungan nyata, nilai korelasi kesemua hubungan menunjukan bahwa nilai hubungan yang positif, semakin baik persepsi seorang responden terhadap Bahasa yang digunakan maka semakin baik pula perilaku masyarakat terhadap pemberitaan pembangunan. Persepsi responden dalam pemberitaan pembangunan di Harian Radar Bogor dari indikator kognisi, afeksi dan behavioral menunjukkan persepsi yang baik signifikan. Hubungan antara karakteristik individu dengan pemberitaan pembangunan di Harian Radar Bogor menunjukkan hubungan yang baik signifikan. Hubungan antara persepsi responden dengan perilaku responden dapat dilihat pada indikator kognisi, afeksi dan behavioral yang menunjukkan adanya tingkat hubungan yang nyata.id
dc.description.abstractThis study aims to: (1) analyze the reader’s perception of Radar Bogor News concerning on Development issues, (2) to analyze the relationship between the characteristic of readers/respondents and their perception (3) to analyze the relationship between respondents' perceptions and their attitudes towards development issues presented in the Daily News of Radar Bogor. This study uses a quantitative research design with simple random sampling technique. The research was conducted in the area of Bogor city with a variety of characteristics. The results showed that: (1) The income level of the readers is significantly correlated with news placement in the Daily Radar Bogor. The correlation value of 0.208 indicates that it has a positive relationship; the higher the income of a responden, the better their perceptions on the news placement used by Radar Bogor, (2) The income level of respondents significantly correlated with the perception of the language used in the Daily Radar Bogor, the correlation value of 0.236 indicates that the relationship is positive, the higher their income level, the better their perceptions toward the language used by the Daily Radar Bogor, (3) perceptions on The Cosmopolitan level is significantlu correlated with the used of language in Radar Bogor daily news, the correlation value 0.210 shows that it has a positive relationship. Perseptions issues have a very significant correlation with respondent’s attitude in cognition and affective indicators, while the behavioral indicator showed significant correlation, the value of all correlations are positive, the better the perception of the respondents towards the news content, the better their behavior towards development issue. The more often the development news presented, it will affect the behavior of respondents in accordance with the content reported in Radar Bogor, (4) The perception toward the coverge of news tipe is very significantly correlated with respondent’s attitude in cognition, affective and behavioural indicators. The value of all relationships ari positive, the better the respondents' perception of the type of news coverage, the better the behavior of the society towards development news, the more scope there is development news in the Daily Radar Bogor, it will often be read by the respondents, it create a positive influence on the development and reporting of the respondents attitudes; (5) Respondents' perceptions toward allocation fo the news is very significantly correlated with their attitude in behavioural and affective indicators, while on perception cognition indicators is significantly correlated. All correlation values are positive, which is showed that the better the perception of the respondents toward the news’ placement, the better their attitude toward the public’s attitude toward the development issues. (6) The perceptions on the language used in Radar Bogor is significantly correlated with respondent’s attitude on cognition and affective indicators, while on behavioural indicator it showed significantly correlated. All correlation values are positive, which the better the perception of respondents toward the language used, the better the behavior of The public towards development news. Perceptions of the respondents in the news in the Daily Radar Bogor development of indicators cognitive, affective and behavioral showed good perception significantly. The relationship between individual characteristics with development news in the Daily Radar Bogor showed a significant relationship as well. Relationship between perception of respondents with respondent behavior can be seen in cognitive, affective and behavioral indicators which are all showed significant correlations.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcSociologyid
dc.subject.ddcSocial communicationid
dc.titlePersepsi pelanggan terhadap isi pemberitaan di Harian Radar Bogorid
dc.title.alternativeCustomer perceptions toward Development News in RADAR BOGORid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordPerceptionid
dc.subject.keywordMass Mediaid
dc.subject.keywordNews Developmentid
dc.subject.keywordNewspaperid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record