Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Luar Biasa Kaitannya Dengan Konsumsi Pangan Dan Pola Asuh Belajar
View/ Open
Date
1996Author
Opit, Helena Vonny
Suhardjo
Khomsan, Ali
Karyadi, Lies D.
Metadata
Show full item recordAbstract
Permasalahan yang akan diteliti adalah apakah ada hubungan antara pres- tasi belajar dengan konsumsi pangan, status gizi dan pola asuh belajar pada anak Sekolah Dasar Luar Biasa bagian B/tunarungu (SDLB-B) di Jakarta.
Penelitian ini bertujuan; 1) Mengidentifikasi riwayat konsumsi pangan ibu sejak pre natal, masa balita siswa SDLB-B/tunarungu. 2) Mempelajari konsumsi pangan anak dan mengukur tingkat konsumsi energi, protein, vitamin A, vitamin C, zat besi (Fe), mutu pangan dan status gizi dengan prestasi belajar siswa SDLB- B/tunarungu. 3) Mempelajari pola asuh belajar dengan prestasi belajar siswa SDLB-B/tunarungu.
Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta Selatan, siswa yang diambil sebagai contoh adalah siswa dari kelas VI^ (8 orang), VI (7orang), VI (11 orang), VII (6 orang). Contoh dilakukan diambil secara sengaja sebanyak 32 siswa dari total populasi sebanyak 108 siswa.
Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data identitas keluarga: Umur ibu, pendidikan ibu, pengetahuan gizi ibu, pendapatan keluarga, frekuensi makan ibu pada masa pre natal dan masa balita siswa. Konsumsi pangan siswa, kualitas pangan yang dikonsumsi siswa SDLB-B/tunarungu, status gizi siswa, pola asuh belajar, proses belajar mengajar dalam kelas dan teman belajar siswa. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Untuk mengumpulkan data sekunder meng- gunan dokumentasi Sekolah Dasar Luar Biasa bagian B/tunarungu, melalui rapor dari kelas I sampai kelas VII. Klasifikasi prestasi belajar SDLB-B yaitu: Baik >6,5 dan Cukup <6,5. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Juli-Agustus 1995. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif….dst
Collections
- MT - Human Ecology [2199]