Faktor Pembelajaran Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ibu-ibu Anak Balita
View/ Open
Date
1996Author
Hikmatullah, H.
Lumintang, Richard W. E.
Tjitropranoto, Prabowo
Adhi, Andriyono Kilat
Metadata
Show full item recordAbstract
BKB di perkotaan lebih baik (77 %) dibanding dengan peserta BKB di pedesaan (50 %). Hal ini menunjukkan bahwa situasi perkotaan yang memiliki sumber informasi lebih besar dan Bersedianya fasilitas pembelajaran seperti sarana kesehatan, tempat rekreasi, perpustakaan dan lain-lain merupakan faktor pendukung yang sangat penting terhadap penguasaan informasi sehingga dapat mendorong peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan ibu-ibu. Sementara pedesaan fasilitas dan sumber informasi masih kurang.
Akibatnya ibu-ibu anak balita di pedesaan relatif kurang terdukung untuk memperoleh informasi tambahan dan mengalami kesulitan dalam menerapkan pengetahuan yang telah dimiliki. Hal ini dapat dilihat bahwa di pedesaan meskipun ibu-ibu telah mengetahui pentingnya alat permainan anak-anak untuk merangsang kreatifitas, tapi karena tidak tersedia maka tidak dapat memanfaatkan alat permainan anak dalam membimbing balitanya. Dengan demikian ibu-ibu di pedesaan cenderung tingkat keberhasilan belajaranya relatif rendah. (5). Faktor pembelajaran yang mempunyai hubungan nyata dengan hasil belajar adalah tingkat pendidikan, pendapatan keluarga, frekuensi kehadiran dan media pengajaran. Terdapatnya hubungan nyata faktor pembelajaran dengan hasil belajar tersebut memberikan indikasi bahwa keberhasilan belajar didasarkan pada tingkat pendidikan yang relatif tinggi,....dst
Collections
- MT - Human Ecology [2199]