Analisis Kinerja Ekspor Karet Alam Indonesia ke Negara Tujuan Utama
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara eksportir terbesar karet di dunia,
namun demikian nilai ekspor cenderung berfluktuatif. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menganalisis kinerja nilai karet alam Indonesia ke negara tujuan utama
dengan kode HS 4001 pada periode 2012-2021. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini dalam menganalisis daya saing adalah Revealed Comparative
Advantage (RCA), Export Dynamic (EPD), dan X model. Penelitian ini juga
menggunakan gravity model dalam mengestimasi determinan permintaan ekspor
karet alam Indonesia ke negara tujuan utama. Berdasarkan hasil RCA menunjukkan
karet alam Indonesia berdaya saing tinggi. Analisis EPD menunjukkan pangsa pasar
lost opportunity di USA, Kanada, dan China, falling star di Jepang, India, dan
Korea Selatan, dan retreat di Brazil dan Turki. Analisis X-Model menunjukkan
pengembangan pangsa pasar potensial hampir di seluruh negara kecuali Brazil dan
Turki. Hasil analisis gravity model menunjukkan, GDP negara tujuan utama dan
harga komoditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai ekspor karet
alam Indonesia. Nilai GDP riil Indonesia dan jarak ekonomi memiliki pengaruh
negatif terhadap nilai ekspor karet alam Indonesia. Sementara nilai tukar tidak
berpengaruh signifikan. Indonesia is one of the largest rubber exporters in the world, however, the export value tends to fluctuate. The purpose of this study was to analyze the value performance of Indonesian natural rubber to the main destination countries with the HS code 4001 in the 2012-2021 period. The method used in this study in analyzing competitiveness is Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Dynamic (EPD), then X model. This research also uses gravity model in estimating the determinants of demand for Indonesia's natural rubber exports to the main destination countries. Based on RCA results, Indonesia's natural rubber is highly competitive. EPD analysis shows market share lost opportunity in the USA, Canada, and China, falling star in Japan, India, and South Korea, and retreat in Brazil and Turkey. X-Model analysis shows the potential market share development in almost all countries except Brazil and Turkey. Analysis results gravity model shows, the GDP of the main destination countries and commodity prices have a positive and significant effect on the export value of Indonesia's natural rubber. Indonesia's real GDP value and economic distance have a negative effect on the value of Indonesia's natural rubber exports. While the exchange rate has no significant effect.