Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerapan Perilaku Konsumen Konsumsi Berkelanjutan Produk Pakaian di Jabodetabek
Abstract
Peningkatan pertumbuhan penduduk yang diiringi dengan peningkatan
pendapatan global telah mendorong konsumsi masyarakat terhadap kebutuhan
pakaian. Perubahan gaya hidup akan membentuk perilaku konsumtif terhadap
produk-produk fashion khususnya pakaian. Jumlah transaksi pembelian produk
pakaian di e-commerce didominasi oleh generasi muda Jabodetabek berusia 18-35
tahun. Pola konsumtif di tengah gaya hidup masyarakat dapat membawa dampak
buruk bagi lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat adalah
mendorong perilaku mengonsumsi pakaian menjadi lebih bijak dengan menerapkan
Konsumsi Berkelanjutan Produk Pakaian (KBPP). Hingga kini, penelitian
mengenai KBPP di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pola perilaku generasi muda di Jabodetabek, menganalisis
persepsinya terhadap KBPP, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
memengaruhi mereka untuk menerapkan KBPP. Metode analisis data yang
digunakan yaitu analisis deskriptif, skala Thurstone, dan Regresi Logistik
Multinomial. Hasil penelitian ini menunjukkan generasi muda cenderung membeli
secondhand clothing dengan mayoritas telah menerapkan KBPP. Faktor utama
yang memengaruhi penerapan KBPP adalah jenis kelamin, tingkat pendidikan,
keterlibatan LSM lingkungan, pengetahuan terhadap KBPP, kepercayaan terhadap
KBPP, dan pembelian produk pakaian.