View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Mathematics and Natural Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Mathematics and Natural Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Penerapan Metode Thurstone pada Faktor yang Paling Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa STAIM Metro

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (660.9Kb)
      Date
      2010
      Author
      Widayanti, Tika
      Wijayanto, Hari
      Sumertajaya, I Made
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif (STAIM) Metro sebagai salah satu perguruan tinggi Islam terus berusaha meningkatkan fasilitas pembelajaran dan pembaharuan kebijakan, disamping itu STAIM juga terus memperbaiki prestasi belajar mahasiswanya. Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari dalam dan luar mahasiswa. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa dapat diukur salah satunya menggunakan atribut dengan skala ordinal. Tahun 1927 Louis Thurstone mengembangkan sebuah metode untuk menganalisis data ordinal, khususnya mengenai penilaian sikap, persepsi, atau reaksi seseorang terhadap sebuah pernyataan atau atribut. Berdasarkan teori tersebut, peneliti tertarik menerapka metode Thurstone untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap sebuah pertanyaan atau atribut yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode Thurstone untuk mengetahui faktor-faktor yang paling mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa di STAIM Metro. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer hasil kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa reguler STAIM Metro yang melakukan registrasi. Responden/mahasiswa diberikan kuesioner pada saat akan melakukan registrasi semester genap Tahun Akademik 2009/2010. Tahapan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain, menentukan rataan awal, menentukan matriks frekuensi dari setiap jawaban responden, menghitung matriks proporsi dengan cara membagi matriks frekuensi terhadap jumlah responden, setelah itu mentransformasi matriks frekuensi kedalam normal baku, matrik tersebut kemudian diurutkan berdasarkan kolom terkecil, menentukan selisih antar kolom, terakhir adalah mehitung nilai skala untuk setiap atribut. Hasil yang diperoleh dari metode Turstone untuk data perbandingan berpasangan berbeda dengan hasil dari data berperingkat, baik dalam hal nilai skala maupun dalam peringkat. Hal tersebut dikarenakan cara penilaian rensponden yang berbeda, pada data perbandingan berpasangan responden menilai berdasarkan persepsinya dengan 5 kategorik nilai kepentingan, sedangkan pada data berperingkat responden diwajibkan untuk memeringkatkan 7 faktor/atribut. Setelah dilakukan analisis terhadap cara penilaian responden dan uji kesesuaian model, hasil analisis yang dapat digunakan adalah analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode perbandingan berpasangan, hal tersebut dikarenakan pada data perbandingan berpasangan responden memiliki kebebasan dalam menentukan....dst
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/119151
      Collections
      • MT - Mathematics and Natural Science [4139]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository