Hubungan karakteristik individu, faktor organisasional dan kemampuan komunikasi bisnis dengan tingkat keberhasilan komunikasi bisnis perusahaan dalam upaya meraih segmen pasar konstruksi
View/ Open
Date
2003Author
Triwijayanti, Yuliana
Hubeis, Musa
Sarma, Ma'mun
Hubeis, Aida Vitayala
Metadata
Show full item recordAbstract
Sejak berbenah dari krisis ekonomi tahun 1997, PT Wijaya Karya (PT WIKA) dihadapkan pada pasar yang makin penuh dengan kompetisi, baik dengan perusahan nasional maupun asing. Oleh karena itu, sebagai perusahaan konstruksi, PT WIKA tetap berusaha menjadi perusahaan dengan kinerja baik secara internal atau ketika berhubungan dengan pihak-pihak eksternal, termasuk menjadikan diri sebagai suatu organisasi bisnis efektif dan sehat dengan SDM unggut, diantaranya menyadari bahwa kemampuan komunikasi karyawan dalam lingkungan bisnis yang mendukung peningkatan prestasi kerja. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu (1) Melihat besarnya pengaruh faktor karakteristik individu terhadap faktor organisasional, kemampuan komunikasi bisnis dan tingkat keberhasilan komunikasi bisnis; (2) Mengetahui persepsi karyawan terhadap faktor organisasional, kemampuan komunikasi bisnis dan tingkat keberhasilan komunikasi bisnis; (3) Mengetahui faktor organisasional (iklim komunikasi organisasi dan komunikasi interpersonal pimpinan) yang berkembang dalam perusahaan, serta pengaruhnya terhadap kemampuan dan tingkat keberhasilan komunikasi bisnis; (4) Melihat korelasi antara kemampuan dan tingkat keberhasilan komunikasi bisnis dalam perusahaan.
Penelitian studi kasus yang menggunakan metode deskriptif (melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat), dilakukan melalui observasi dengan mewancarai para karyawan PT WIKA di bagian pemasaran. ..dst