dc.description.abstract | Pertumbuhan bisnis perbankan yang dinamis telah membuat persaingan
antar bank, baik antar bank pemerintah, maupun bank swasta, tidak dapat
dihindari. Berdasarkan hasil survei indeks loyalitas pelanggan yang dilakukan
oleh MarkPlus Insight pada akhir tahun 2013 terhadap lebih dari 2.900 responden
yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang,
Surabaya, Medan, dan Makassar, terindikasi bahwa BNI mengalami kesulitan
dalam menjaga dan meningkatkan loyalitas nasabah. Dalam berbagai penelitian
terdahulu mengenai promosi penjualan dalam kaitannya dengan perilaku
pelanggan, ditemukan bahwa promosi penjualan dianggap mampu memengaruhi
berbagai aspek dari perilaku keputusan membeli hingga loyalitas pelanggan.
Secara empiris citra perusahaan telah diakui sebagai faktor penentu dari kepuasan
dan loyalitas pelanggan.
Berbeda dengan hasil-hasil penelitian di atas, citra brand dan bisnis BNI
sebagai bank yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja di
Indonesia ditambah gencarnya program promosi penjualan yang dilakukan oleh
BNI (tercatat anggaran promosi tahun 2013 meningkat sampai dengan 112 miliar
rupiah atau 15,01% dibandingkan tahun 2012), ternyata tidak mendorong
terjadinya peningkatan loyalitas nasabah terhadap BNI, dimana terbukti bahwa
menurut Indonesian Bank Loyalty Index loyalitas nasabah BNI malah mengalami
penurunan (Indonesian Bank Loyalty Index, 2014).
Tujuan dari kajian ini : (1) mengetahui dan menganalisis promosi penjualan,
citra perusahaan dan loyalitas nasabah BNI Taplus PT. Bank Negara Indonesia
(persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet, (2) mengetahui dan menganalisis
pengaruh promosi penjualan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah BNI
Taplus PT, Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet,
Sifat Penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif, dimana pengumpulan
data dilakukan dilapangan dan metode analisis explanatory survey terhadap unit
analisis, yaitu para nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor
Cabang Utama Tebet. Pengumpulan data dengan alat bantu kuesioner dengan
angket tertutup dan terstruktur. Pengisian kuesioner dilakukan secara langsung
oleh responden dengan memberi tanda pada jawaban yang telah disediakan
dengan skala semantik differensial berskala penilaian 7 (tujuh) poin yang
menyatakan secara verbal dua kutub (bipolar) penilaian berlawanan. Responden
diminta untuk mengisi kolom semantik yang tersedia untuk melihat seberapa
dekat dengan sikap responden terhadap subyek, obyek atau tanggapan kejadian
tertentu untuk memilih jawaban di antara dua kutub yang berlawanan tersebut.
Populasi penelitian ini adalah Nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Kantor Cabang Utama Tebet, dimana darinya diambil contoh 80.
Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Promosi penjualan melalui
pemberian hadiah langsung/souvenir dan program undian berhadiah telah
diterapkan dengan baik oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor
Cabang Utama Tebet. Begitu pula Citra perusahaan yang dimiliki oleh PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet telah mendapatkan
apresiasi yang baik dari nasabah BNI Taplus. Loyalitas nasabah BNI Taplus PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet yang
diindikasikan melalui kesediaan melakukan transaksi secara teratur, membeli
antar lini produk dan jasa, merekomendasikan kepada orang lain dan
menunjukkan kekebalan terhadap tarikan dari pesaing juga berada pada tingkat
yang baik.
Promosi penjualan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan baik secara
parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah BNI Taplus PT Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet. Kesimpulan ini dapat
menjelaskan bahwa promosi penjualan dan citra perusahaan memiliki daya tarik
yang kuat bagi nasabah bank. Program promosi penjualan yang menarik akan
merangsang nasabah untuk terus melakukan transaksi pada produk inti maupun
mencoba produk baru lainnya. Begitu pula, nasabah bersedia untuk setia dan
menolak berpindah ke bank lain jika mereka merasa puas terhadap citra bank yang
menjadi langganannya bahkan lebih jauhnya mereka akan bersedia untuk
merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain. | id |