Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.advisorSunarti, Euis
dc.contributor.authorMilana, Annisa
dc.date.accessioned2023-06-09T04:47:02Z
dc.date.available2023-06-09T04:47:02Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/118716
dc.description.abstractPertumbuhan bisnis perbankan yang dinamis telah membuat persaingan antar bank, baik antar bank pemerintah, maupun bank swasta, tidak dapat dihindari. Berdasarkan hasil survei indeks loyalitas pelanggan yang dilakukan oleh MarkPlus Insight pada akhir tahun 2013 terhadap lebih dari 2.900 responden yang tersebar di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar, terindikasi bahwa BNI mengalami kesulitan dalam menjaga dan meningkatkan loyalitas nasabah. Dalam berbagai penelitian terdahulu mengenai promosi penjualan dalam kaitannya dengan perilaku pelanggan, ditemukan bahwa promosi penjualan dianggap mampu memengaruhi berbagai aspek dari perilaku keputusan membeli hingga loyalitas pelanggan. Secara empiris citra perusahaan telah diakui sebagai faktor penentu dari kepuasan dan loyalitas pelanggan. Berbeda dengan hasil-hasil penelitian di atas, citra brand dan bisnis BNI sebagai bank yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja di Indonesia ditambah gencarnya program promosi penjualan yang dilakukan oleh BNI (tercatat anggaran promosi tahun 2013 meningkat sampai dengan 112 miliar rupiah atau 15,01% dibandingkan tahun 2012), ternyata tidak mendorong terjadinya peningkatan loyalitas nasabah terhadap BNI, dimana terbukti bahwa menurut Indonesian Bank Loyalty Index loyalitas nasabah BNI malah mengalami penurunan (Indonesian Bank Loyalty Index, 2014). Tujuan dari kajian ini : (1) mengetahui dan menganalisis promosi penjualan, citra perusahaan dan loyalitas nasabah BNI Taplus PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi penjualan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah BNI Taplus PT, Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet, Sifat Penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif, dimana pengumpulan data dilakukan dilapangan dan metode analisis explanatory survey terhadap unit analisis, yaitu para nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet. Pengumpulan data dengan alat bantu kuesioner dengan angket tertutup dan terstruktur. Pengisian kuesioner dilakukan secara langsung oleh responden dengan memberi tanda pada jawaban yang telah disediakan dengan skala semantik differensial berskala penilaian 7 (tujuh) poin yang menyatakan secara verbal dua kutub (bipolar) penilaian berlawanan. Responden diminta untuk mengisi kolom semantik yang tersedia untuk melihat seberapa dekat dengan sikap responden terhadap subyek, obyek atau tanggapan kejadian tertentu untuk memilih jawaban di antara dua kutub yang berlawanan tersebut. Populasi penelitian ini adalah Nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet, dimana darinya diambil contoh 80. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Promosi penjualan melalui pemberian hadiah langsung/souvenir dan program undian berhadiah telah diterapkan dengan baik oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet. Begitu pula Citra perusahaan yang dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet telah mendapatkan apresiasi yang baik dari nasabah BNI Taplus. Loyalitas nasabah BNI Taplus PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet yang diindikasikan melalui kesediaan melakukan transaksi secara teratur, membeli antar lini produk dan jasa, merekomendasikan kepada orang lain dan menunjukkan kekebalan terhadap tarikan dari pesaing juga berada pada tingkat yang baik. Promosi penjualan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas nasabah BNI Taplus PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebet. Kesimpulan ini dapat menjelaskan bahwa promosi penjualan dan citra perusahaan memiliki daya tarik yang kuat bagi nasabah bank. Program promosi penjualan yang menarik akan merangsang nasabah untuk terus melakukan transaksi pada produk inti maupun mencoba produk baru lainnya. Begitu pula, nasabah bersedia untuk setia dan menolak berpindah ke bank lain jika mereka merasa puas terhadap citra bank yang menjadi langganannya bahkan lebih jauhnya mereka akan bersedia untuk merekomendasikan bank tersebut kepada orang lain.id
dc.language.isoidid
dc.titlePengaruh Promosi Penjualan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah BNI Taplus PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Tebetid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordpromosi penjualanid
dc.subject.keywordcitra perusahaanid
dc.subject.keywordloyalitas nasabahid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record