View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Dissertations
      • DT - Agriculture Technology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Dissertations
      • DT - Agriculture Technology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis strategi pemasaran produk home industry roti

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (8.025Mb)
      Date
      2005
      Author
      Aryo Buntaran S.G
      Suryani
      Setyowati, Krisnani
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Salah satu industri kecll makanan yang mampu bertahan dalam krisis moneter serta mempunyai peluang untuk dikembangkan adalah home industry pengolahan/pembuatan roti. Kemampuan home industry roti untuk bertahan salah satunya dikarenakan bagi masyarakat Indonesia roti bukan merupakan makanan yang baru. Disamping nilai karbohidratnya yang tinggi, roti juga banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Skala usaha industry roti dimulai dari home industry (usaha kecil) hingga perusahaan roti besar dapat bersaing tanpa mematikan usaha home industry roti yang telah ada. Usaha pengembangan home industry roti A dalam upaya meningkatkan daya saing produknya mengalami beberapa kendala baik yang bersumber dari dalam (internal) atau dari luar (eksternal) industri antara lain kurangnya permodalan, harga bahan baku yang yang mahal. Keberadaan pesaing lokal dan masuknya pesaing berlisensi dari luar negeri semakin memperketat persaingan dalam pemasaran produk roti A. Dengan permasalahan di atas, home industry roti A dipilih untuk menjadi studi kasus dalam mengkaji strategi pemasaran yang didasarkan pada kondisi internal dan eksternal dari home industry roti. Suatu produk tidak akan berarti tanpa adanya pemasaran. Pemasaran menurut Kotler (1997) adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain. Dalam pemasaran diperlukan pemasaran hubungan yaitu praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak­pihak kunci yaitu pelanggan, pemasok, penyalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang. Strategi pemasaran menurut Tull dan Kahle (1990) dalam Tjiptono (2002) adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Berdasarkan hasil pengisian kuesioner dan wawancara dengan responden penelitian analisis strategi pemasaran produk home industry roti A, maka dapat diidentifikasi beberapa komponen faktor penentu internal. Dari faktor-faktor tersebut kemudian disusunlah kuesioner untuk mengolah faktor internal dan eksternal dengan menggunakan perbandingan berpasangan sehingga didapatkan faktor internal dan eksternal yang dominan dalam home industry sehingga dapat dipergunakan untuk mengetahui posisi home industry saat ini. Menurut Jauch dan Glueck (1999), analisa internal adalah proses di mana perencana strategi mengkaji pemasaran dan distribusi home industry, penelitian dan pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan home industry, serta faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana letak kekuatan dan kelemahan home industry. Kekuatan adalah sumberdaya, ketrampilan atau keunggulan-keunggulan lain relatif terhadap pesaing dan kebutuhan pasar yang dilayani atau ingin ditangan..dst
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/117651
      Collections
      • DT - Agriculture Technology [656]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository