Show simple item record

dc.contributor.advisorHunaefi, Dase
dc.contributor.advisorYuliana, Nancy Dewi
dc.contributor.authorHadiansyah, Firman
dc.date.accessioned2023-04-04T05:56:04Z
dc.date.available2023-04-04T05:56:04Z
dc.date.issued2023-04-04
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/116985
dc.description.abstractTeh merupakan salah satu minuman yang cukup digandrungi oleh banyak orang baik orang dewasa, remaja ataupun anak-anak. Minuman teh ini diproduksi dari tanaman Camellia sinensis L. Teh putih merupakan salah satu jenis teh yang tidak mengalami proses oksidasi enzimatis dan menggunakan daun pucuk teratas atau yang disebut peko akibatnya kandungan senyawa flavanoidnya lebih banyak dibandingkan jenis teh yang lainnya. Evaluasi sensori teh putih berbasis panelis terlatih dan panelis konsumen masih belum banyak dilakukan, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penilaian panelis terlatih dan preferensi konsumen terhadap atribut sensori pada produk teh putih yang komersial dengan menggunakan metode QDA, CATA, emotional sensory mapping, Kano dan TURF, dan untuk memilih atribut sensori teh putih yang memberikan kepuasan kepada konsumen. Evaluasi sensori dilakukan kepada 8 panelis terlatih dan 34 panelis konsumen, dimana tiga gram teh putih diseduh dalam 150 ml air demineral pada suhu didih air selama 7 menit. Berdasarkan metode QDA sampel yang berasal dari kota Surabaya mempunyai intesitas yang kuat pada atribut sensori kuning-kecokelatan, aroma burned, flavor burned, flavor fermented, rasa pahit, aftertaste pahit, dan aftertaste astringent. Namun, berdasarkan metode CATA, sampel yang berasal dari daerah Ciwidey menurut persepsi konsumen dianggap ideal. Pada metode emotional sensory mapping sampel asal Ciwidey adalah sampel yang paling mendekati titik sampel ideal. Selain itu, atribut sensori seperti warna kuning- tipis, aroma floral jasmine, aroma floral rose, flavor floral jasmine, flavor floral rose, mouthfeel light dan mouthfeel smooth memberikan kepuasan yang tinggi terhadap konsumen dan juga mempunyai jangkauan pasar yang tinggi.id
dc.description.sponsorshipLPPM IPBid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleProfilling sensori teh putih (Camellia sinensis L.) berbasis panelis terlatih dan panelis konsumenid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordQDAid
dc.subject.keywordCATAid
dc.subject.keywordemotional sensory mappingid
dc.subject.keywordKano and TURFid
dc.subject.keywordTeh putihid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record