Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.advisorMunandar, Jono Mintarto
dc.contributor.authorNasihin, Ahmad Khoirun
dc.date.accessioned2022-10-10T02:54:56Z
dc.date.available2022-10-10T02:54:56Z
dc.date.issued2022-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114927
dc.description.abstractUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting bagi ekonomi Indonesia, tidak hanya menjadi tulang punggung dalam menggerakkan roda ekonomi, akan tetapi UMKM juga berperan sebagai pencipta lapangan kerja, keberlanjutan ekonomi, dan inovasi. Pendekatan pemasaran dengan menggunakan entrepreneurial marketing, merupakan pendekatan yang tepat yang bisa diterapkan pada UMKM, Entrepreneurial marketing dapat membuat UMKM lebih terarah sesuai dengan tujuan apa yang telah ditetapkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif, analisis transformasi indeks dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik wanita wirausaha secara umum memiliki tingkat pendidikan menengah atas, mayoritas responden berada pada usia produktif, memiliki semangat kerja tinggi dan merupakan kelompok generasi lahir pada era perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat. Hasil analisis transformasi indeks dengan kritteria nilai yang disesuaikan dengan indeks CSI diperoleh hasil bahwa pencapaian peran wanita dalam mengelola usaha konfeksi sudah baik. Pencapaian entrepreneurial marketing secara umum mengindikasikan sangat baik, dan pencapaian pengembangan usaha dengan menunjukan cukup baik. Hasil analisis SEM-PLS menunjukan variabel laten peran wanita berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial marketing. Variabel laten peran wanita berpengaruh siginifikan terhadap pengembangan usaha dan variabel laten entrepreneurial marketing berpengengaruh signifikan terhadap pengembangan usahaid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titlePengaruh Peran Wanita dan Entrepreneurial Marketing terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Sentra Usaha Produksi Konfeksi di Jeparaid
dc.title.alternativeThe Influence of the Role of Women and Entrepreneurial Marketing on the Development of Micro, Small, and Medium Enterprises at the Confectionery Production Business Center in Jepara.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordentrepreneurial marketingid
dc.subject.keywordpartial least squares (PLS)id
dc.subject.keywordusaha mikroid
dc.subject.keywordkecil dan menengah (UMKM)id


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record