View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengaruh Peran Wanita dan Entrepreneurial Marketing terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Sentra Usaha Produksi Konfeksi di Jepara

      Thumbnail
      View/Open
      Cover (185.1Kb)
      Fullteks (5.618Mb)
      Lampiran (593.4Kb)
      Date
      2022-08-26
      Author
      Nasihin, Ahmad Khoirun
      Sarma, Ma'mun
      Munandar, Jono Mintarto
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting bagi ekonomi Indonesia, tidak hanya menjadi tulang punggung dalam menggerakkan roda ekonomi, akan tetapi UMKM juga berperan sebagai pencipta lapangan kerja, keberlanjutan ekonomi, dan inovasi. Pendekatan pemasaran dengan menggunakan entrepreneurial marketing, merupakan pendekatan yang tepat yang bisa diterapkan pada UMKM, Entrepreneurial marketing dapat membuat UMKM lebih terarah sesuai dengan tujuan apa yang telah ditetapkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif, analisis transformasi indeks dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik wanita wirausaha secara umum memiliki tingkat pendidikan menengah atas, mayoritas responden berada pada usia produktif, memiliki semangat kerja tinggi dan merupakan kelompok generasi lahir pada era perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat. Hasil analisis transformasi indeks dengan kritteria nilai yang disesuaikan dengan indeks CSI diperoleh hasil bahwa pencapaian peran wanita dalam mengelola usaha konfeksi sudah baik. Pencapaian entrepreneurial marketing secara umum mengindikasikan sangat baik, dan pencapaian pengembangan usaha dengan menunjukan cukup baik. Hasil analisis SEM-PLS menunjukan variabel laten peran wanita berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial marketing. Variabel laten peran wanita berpengaruh siginifikan terhadap pengembangan usaha dan variabel laten entrepreneurial marketing berpengengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/114927
      Collections
      • MT - Economic and Management [2334]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository