Pengaruh Peran Wanita dan Entrepreneurial Marketing terhadap Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Sentra Usaha Produksi Konfeksi di Jepara
Date
2022-08-26Author
Nasihin, Ahmad Khoirun
Sarma, Ma'mun
Munandar, Jono Mintarto
Metadata
Show full item recordAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting bagi ekonomi
Indonesia, tidak hanya menjadi tulang punggung dalam menggerakkan roda ekonomi, akan
tetapi UMKM juga berperan sebagai pencipta lapangan kerja, keberlanjutan ekonomi, dan
inovasi. Pendekatan pemasaran dengan menggunakan entrepreneurial marketing, merupakan
pendekatan yang tepat yang bisa diterapkan pada UMKM, Entrepreneurial marketing dapat
membuat UMKM lebih terarah sesuai dengan tujuan apa yang telah ditetapkan. Metode
dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif, analisis
transformasi indeks dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) melalui pendekatan
Partial Least Squares (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik wanita wirausaha secara umum
memiliki tingkat pendidikan menengah atas, mayoritas responden berada pada usia produktif,
memiliki semangat kerja tinggi dan merupakan kelompok generasi lahir pada era
perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat. Hasil analisis transformasi indeks
dengan kritteria nilai yang disesuaikan dengan indeks CSI diperoleh hasil bahwa pencapaian
peran wanita dalam mengelola usaha konfeksi sudah baik. Pencapaian entrepreneurial
marketing secara umum mengindikasikan sangat baik, dan pencapaian pengembangan usaha
dengan menunjukan cukup baik.
Hasil analisis SEM-PLS menunjukan variabel laten peran wanita berpengaruh
signifikan terhadap entrepreneurial marketing. Variabel laten peran wanita berpengaruh
siginifikan terhadap pengembangan usaha dan variabel laten entrepreneurial marketing
berpengengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha
Collections
- MT - Economic and Management [2962]