Analisis Daya Saing dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Ekspor Bubuk Kayu Manis Indonesia ke Negara Tujuan Utama
Abstract
Indonesia merupakan negara eksportir terbesar bubuk kayu manis (kode
HS 090620) di dunia. Sejak 2012, nilai ekspor bubuk kayu manis Indonesia lebih
tinggi dibandingkan dengan nilai ekspor kayu manis mentah. Namun nilai ekspor
tersebut masih berfluktuatif dan cenderung menurun dibandingkan negara pesaing
seperti Vietnam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing, cakupan
pemberlakuan NTM, dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor bubuk kayu
manis Indonesia ke 9 negara tujuan utama periode 2011-2020. Metode analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode RCA, EPS, X-Model, pendekatan
inventory, dan regresi data panel. Metode RCA menunjukkan bahwa bubuk kayu
manis Indonesia memiliki daya saing yang kuat di 9 negara tujuan. Metode EPD
menunjukkan posisi pasar retreat, falling star, dan rising star. X-Model
menunjukkan pengembangan pasar optimis ke Swedia, potensial ke Belanda,
Vietnam, Kanada, dan Jerman, sedangkan kurang potensial ke Amerika Serikat,
Jerman, Brazil, dan Australia. Hasil regresi data panel menunjukkan harga ekspor,
nilai tukar, LPI Indonesia, GDP riil per kapita negara tujuan, dan CR SPS memiliki
pengaruh signifikan positif. Sedangkan dummy pandemi Covid-19 dan CR TBT
memiliki pengaruh signifikan negatif. Indonesia is the largest exporter of cinnamon powder (HS code 090620) in
the world. However, the export value is still fluctuating and tends to decrease
compared to competing countries such as Vietnam. This study aims to analyze the
competitiveness, scope of application of the NTM, and the factors that influence
the export of Indonesian cinnamon powder to 9 main destination countries for the
period 2011-2020. The analytical methods used in this research are RCA, EPD, X Model, inventory approach, and panel data regression. The RCA method shows that
Indonesian cinnamon powder has strong competitiveness in 9 destination countries.
The EPD method shows the retreat, falling star, and rising star market positions.
The X-Model shows an optimistic market development to Sweden, potential to the
Netherlands, Vietnam, Canada, and Germany, while less potential to the United
States, Germany, Brazil, and Australia. The results of panel data regression show
that export prices, exchange rates, LPI Indonesia, real GDP per capita of destination
countries, and CR SPS have a significant positive effect. Meanwhile, the Covid-19
pandemic dummy and CR TBT had a significant negative effect.