Dampak Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Terhadap Pencapaian Tujuan Pembelajaran (Studi Kasus Mahasiswa S1 IPB)
Abstract
Pembelajaran jarak jauh (online) merupakan salah satu solusi metode
pembelajaran pada saat pandemi Covid-19. Namun demikian, hasil dari beberapa
penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran jarak jauh dapat berdampak
negatif terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan informasi tersebut,
penelitian ini ditujukan untuk mengungkap lebih jauh faktor-faktor lain yang
diduga mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan secara
online. Penelitian ini melibatkan 201 mahasiswa S1 IPB yang pernah mengikuti
kuliah offline dan online yang dipilih secara purposive voluntary sampling
technique. Sementara itu Structural Equation Model (SEM) digunakan sebagai
basis analisis untuk menduga koefisien model kausalitas antar faktor. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara online signifikan
menurunkan kemampuan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dari
lima faktor yang mempengaruhi kinerja pembelajaran online, tiga diantaranya
yaitu: faktor karakteristik mahasiswa, karakteristik dosen, dan motivasi memiliki
pengaruh positif, baik terhadap pembelajaran secara online maupun pencapaian
tujuan pembelajaran. Sebaliknya, faktor lingkungan secara langsung berdampak
negatif terhadap pembelajaran secara online maupun pencapaian tujuan
pembelajarannya. Sedangkan teknologi secara langsung berdampak negatif
terhadap pembelajaran secara online dan berdampak positif terhadap pencapaian
tujuan pembelajaran. Sehingga secara agregat faktor teknologi dan lingkungan
masih belum mampu mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan
secara online. Distance learning (online) is one of solution to the learning method during the
Covid-19 pandemic. However, the results of several studies reveal that distance
learning can have a negative impact on the achievement of learning objectives.
Based on this information, this research is aimed to reveal further of the other
factors that influence online learning objectives. This study involved 201 IPB
undergraduate students who had attended offline and online lectures selected by
purposive voluntary sampling technique. Meanwhile, the Structural Equation
Model (SEM) is used as the basis of analysis to estimate the coefficients of the
causality model between factors. The results showed that online learning
significantly reduced students' ability to achieve learning objectives. Of the five
factors that influence online learning performance, three of them: students
characteristic, lecturer characteristics, and students motivation have a positive
influence, both on online learning and learning objectives. On the other hand,
environmental factors directly have a negative impact on learning and learning
objectives. Meanwhile, technology has also a negative impact on online learning
but has a positive impact on educational learning objectives. So that in aggregate,
technological and environmental factors are still not able to support the learning
objectives carried out online.
Collections
- UT - Mathematics [1431]