Show simple item record

dc.contributor.advisorSarwoprasodjo, Sarwititi
dc.contributor.advisorSoetarto, Endriatmo
dc.contributor.advisorPandjaitan, Nurmala
dc.contributor.authorPratiwi, Aprilianti
dc.date.accessioned2022-05-09T00:09:47Z
dc.date.available2022-05-09T00:09:47Z
dc.date.issued2022-04-29
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111714
dc.description.abstractKonflik lahan yang diakibatkan perampasan lahan, kriminalisasi petani serta monopoli tanah terus terjadi sepanjang tahun di Indonesia. Di Indonesia, persoalan ini belum menemukan jalan keluar. Setiap tahun, Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mengeluarkan data mengenai konflik lahan di Indonesia. Hasil data menunjukkan angka konflik lahan mengalami naik-turun, namun masih pada angka yang tinggi. Akibat konflik lahan, lahirlah gerakan petani. Petani rela pasang badan dan berupaya demi mempertahankan hak mereka atas tanah. Gambaran kondisi ini seperti yang dialami oleh petani di Telukjambe, Karawang yang tergabung dalam Serikat Tani Teluk Jambe Bersatu (STTB). PT Pertiwi Lestari dengan tiba-tiba mengklaim bahwa lahan di Desa Wanajaya yang selama ini telah ditempati oleh petani sebagai miliknya. Pada kurun waktu 10 tahun terakhir, kajian gerakan petani didominasi oleh disiplin ilmu sosiologi dan sosial politik. Penelitian ini menawarkan perspektif komunikasi dengan fokus narasi untuk mengkaji gerakan petani. Padahal, komunikasi menjadi aspek utama dalam gerakan sosial. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan para ahli bahwa Gerakan sosial didominasi oleh narasi dan pengisahan cerita. Oleh sebab itu penelitian ini menawarkan penggunaan Teori Paradigma Naratif yang dikolaborasikan dengan Teori Konvergensi Simbolik untuk mengkaji narasi-narasi yang terdapat dalam gerakan petani yang dilakuka STTB. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merumuskan genealogi pertentangan penguasaan agraria di Karawang; 2) menemukan narasi yang dikonstruksi dalam gerakan perlawanan petani Karawang, dan 3) menemukan tema-tema fantasi yang dimiliki petani dalam membangun kohesivitas pada organisasi. Penelitian ini menggunakan analisis naratif dengan paradigma konstruktivis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, FGD (Focus Group Discussion), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada genealogi pertentangan penguasaan agraria di Karawang menemukan tiga setting, yaitu setting tempat, setting sosial dan setting waktu. Setting mampu mengidentifikasi sejarah secara rinci yang terurai dari dahulu hingga sekarang, dan membantu memberikan konteks dalam cerita sehingga dapat diketahui pola penguasaan lahan di Indonesia dan pertentangan agraria yang terjadi dari masa ke masa. Berdasarkan asal-usul pertentangan penguasaan agraria di Karawang diketahui bahwa terdapat kesamaan pola antara kasus perebutan lahan yang pernah terjadi di Karawang. Pola yang diidentifikasi diantaranya adalah kesamaan status lahan yang dipertentangkan. Pola lainnya yang berhasil diidentifikasi adalah regulasi yang tumpang tindih. UUPA (Undang Undang Pokok Agraria) tidak lagi difungsikan sebagai induk regulasi bidang pertanahan di Indonesia. UUPA seringkali dipertentangkan dengan undang undang yang dimiliki suatu wilayah tertentu. Pola selanjutnya yang diidentifikasi adalah adanya ketimpangan struktur penguasaan dan kepemilikan lahan. Pola terakhir yang berhasil diidentifikasi adalah adanya tumpang tindih penggunaan lahan atau alih fungsi lahan. Di Karawang terjadi pengurangan jumlah lahan pertanian dan perkebunan yang digantikan dengan perumahan, pabrik dan kawasan industri. Terdapat dua jenis narasi dalam penelitian ini, yaitu Narasi Utama dan Kontra Narasi. Yang termasuk Narasi Utama adalah narasi provokasi, narasi folklore. Kedua narasi ini merupakan narasi yang dibangun di dalam STTB. Sedangkan yang termasuk Kontra Narasi adalah narasi intimidasi dan iming-iming serta narasi pesimistis. Kedua narasi tersebut merupakan narasi tandingan yang dibangun oleh pihak lawan STTB, yaitu PT Pertiwi Lestari dan keluarga petani. Narasi-narasi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan dikonstruksinya narasi. Penelitian ini menemukan hal yang cukup unik, yang mana narasi provokasi yang selama ini identik dengan narasi pemecah belah, pada penelitian ini justru dijadikan alat untuk mempersatukan petani. Penelitian ini juga mengidentifikasi 3 plot yang menjadi urutan koronologi kisah gerakan perlawanan petani STTB yaitu plot awal, tengah dan akhir. Melalui plot, dapat diindetifikasi runutan pertistiwa perlawanan petani STTB mulai dari adanya desas-desus yang diciptakan oleh pihak suruhan korporasi mengenai status kepemilikan lahan yang ditinggali oleh petani, sampai bentrok hebat yang terjadi antara petani dan korporasi yang mengakibatkan pengusiran paksa terhadap petani. Pada plot ini diidentifikasi pula karakter yang terlibat dalam kisah perlawanan petani STTB ini. Terdapat empat jenis karakter dalam kisah ini, yaitu hero, victim, villain, dan supporting player. Tema-tema fantasi yang dimiliki petani untuk membangun kohesivitas dalam organisasi adalah ‘kebersamaan dan bersatu’, ‘berjuang sampai mati’, ‘merdeka dari penindasan dan intimidasi perusahaan’, ‘satu nasib’, ‘memihak kepada korporatisasi’, dan ‘Polisi Karawang Jahat’. Tema-tema fantasi yang dikonstruksi dan berkembang di dalam tubuh organisasi ini dipertukarkan oleh pimpinan STTB dengan petani dan atau oleh sesama petani. Mereka saling membentuk rantai fantasi yang merupakan respon dari dramatisasi pesan yang saling mereka pertukarkan tersebut.id
dc.description.abstractLand conflicts caused by land grabbing, criminalization of farmers and land monopolies continue to occur throughout the year in Indonesia. In Indonesia, this problem has not found a solution. Every year, the Consortium for Agrarian Reform (KPA) publishes data on land conflicts in Indonesia. The results of the data show that the number of land conflicts has fluctuated, but is still at a high rate. As a result of land conflicts, the peasant movement was born. Farmers are willing to step up and try to defend their rights to land. The description of this condition is as experienced by farmers in Telukjambe, Karawang who are members of the Serikat Tani Telukjambe Bersatu (STTB). PT Pertiwi Lestari suddenly claimed that the land in Wanajaya Village, which had been occupied by farmers all this time, was their belonging. In the last 10 years, the study of the peasant movement has been dominated by the disciplines of sociology and socio-politics. This study offers a communication perspective with a narrative focus to examine the peasant movement. In fact, communication is a major aspect of social movements. This is as stated by experts that social movements are dominated by narratives and storytelling. Therefore, this study offers the use of the Narrative Paradigm Theory in collaboration with the Symbolic Convergence Theory to examine the narratives contained in the peasant movement carried out by STTB. This study aims to: 1) formulate a genealogy of conflicts over agrarian control in Karawang; 2) find the narrative constructed in the Karawang peasant resistance movement, and 3) find the fantasy themes that farmers have in building cohesiveness in the organization. This study used narrative analysis with a constructivist paradigm. The method of data collection was done by means of in-depth interviews, FGD (Focus Group Discussion), observation and documentation. The results of research on the genealogy of conflicting agrarian control in Karawang found three settings, namely place settings, social settings and time settings. The setting is able to identify detailed history that unfolds from the past to the present, and helps provide context in the story so that land tenure patterns in Indonesia and the agrarian conflicts that occur from time to time can be identified. Based on the origin of the conflict over agrarian control in Karawang, it is known that there are similarities in the pattern of land grabbing cases that have occurred in Karawang. Among the patterns identified are the similarity of contested land statuses. Another pattern that was identified was overlapping regulation. The UUPA (Law on Basic Agrarian Affairs) no longer functions as the parent regulation of the land sector in Indonesia. The UUPA is often contradicted by the laws of a particular area. The next pattern identified is the inequality of land tenure and ownership structures. The last pattern that was identified was overlapping land use or land use change. In Karawang there has been a reduction in the amount of agricultural land and plantations being replaced by housing, factories and industrial areas. There are two types of narratives in this study, namely Main Narrative and Counter Narrative. Main Narration includes provocation narrative, folklore narrative. These two types are narratives that are built in STTB. Meanwhile, the counter-narrative includes narration of intimidation and lure as well as pessimistic narration. The two narratives are counter-narratives developed by STTB's opponents, namely PT Pertiwi Lestari and farmer families. These narratives have different functions according to the purpose for which they are constructed. This research finds something quite unique, where the provocation narrative which has been identical to the divisive narrative, in this study is actually used as a tool to unite farmers. This study also identified 3 plots that became the chronological sequence of the story of the STTB peasant resistance movement, namely the beginning, middle and end plots. Through the plot, we can identify the sequence of events in the resistance of STTB farmers, starting from rumors created by corporations regarding the ownership status of the land occupied by farmers, to violent clashes between farmers and corporations which resulted in the forced eviction of farmers. In this plot, the characters involved in the story of the STTB peasant resistance are also identified. There are four types of characters in this story, namely heroes, victims, villains, and supporting players. The fantasy themes that farmers build are cohesiveness within the organization are 'togetherness and unity', 'fight to the death', 'freedom from corporate oppression and intimidation', 'one fate', 'partisanship with corporatization', and 'Police Karawang is a bad cops’'. The fantasy themes that are constructed and developed within this organization are exchanged by the STTB leadership with farmers and/or by fellow farmers. They form a fantasy chain which is a response to the dramatization of the messages they exchange with each other.id
dc.description.sponsorshipLPDP BUDI DNid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.titleKomunikasi Narasi dalam Gerakan Perlawanan Petani di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Baratid
dc.title.alternativeNarrative Communication in the Peasant Resistance Movement in Karawang Regency, West Java Provinceid
dc.typeDissertationid
dc.subject.keywordgerakan perlawanan petaniid
dc.subject.keywordkomunikasi naratifid
dc.subject.keywordnarasiid
dc.subject.keywordtema fantasiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record