Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.advisorArifin, Bustanul
dc.contributor.advisorSyarief, Rizal
dc.contributor.advisorRusli, Meika Syahbana
dc.contributor.authorWahyudi, Indra
dc.date.accessioned2022-05-09T00:03:51Z
dc.date.available2022-05-09T00:03:51Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/111711
dc.description.abstractPertumbuhan bisnis pelumas di Indonesia meningkat setiap tahun sesuai dengan pertumbuhan sektor industri manufaktur dan sektor otomotif. Tantangan terbesar distributor pelumas adalah sulitnya meningkatkan kinerja perusahaan dikarenakan kondisi persaingan yang cukup tinggi dan tuntutan besar dari pelanggan berupa ketersediaan barang dengan harga yang murah serta target pembelian principal yang besar. Tujuan dari penelitian adalah untuk : (1) menganalisis kondisi saat ini corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership dan kinerja perusahaan distributor pelumas; (2) menganalisis pengaruh hubungan langsung antara corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership terhadap kinerja perusahaan; (3) menganalisis pengaruh hubungan tidak langsung antara entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership melalui corporate entrepreneurship terhadap kinerja perusahaan, (4) merekomendasikan alternatif strategi corporate entrepreneurship dalam hubungannya dengan entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership dalam meningkatkan kinerja perusahaan, (5) merancang model corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership dan kinerja yang bisa diterapkan dalam perusahaan distributor pelumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam menganalisis kondisi dan hubungan antara corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership terhadap kinerja perusahaan. Teknik pengolahan data kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Metode selanjutnya adalah kualitatif dalam menentukan strategi corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership yang tepat untuk distributor pelumas. Tenik pengolahan yang digunakan untuk penentuan strategi tersebut adalah Analytical Hyerarchy Process (AHP). Jumlah responden untuk kuesioner dalam penelitian ini ada sejumlah 305 responden dan untuk pakar dalam focus group discussion (FGD) yang merangkap pakar untuk AHP ada sejumlah sepuluh pakar. Penelitian dilakukan dari bulan April sampai dengan Juli 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate entrepreneurship dan entrepreneurial leadership berpengaruh positif terhadap kinerja distributor pelumas. Sedangkan entrepreneurial orientation tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja perusahaan. Namun hubungan secara tidak langsung antara entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership berpengaruh positip melalui corporate entrepreneurship. Alternatif strategi corporate entrepreneurship yang tepat untuk distributor pelumas adalah : (1) perencanaan strategi perusahaan, (2) pembuatan program insetif yang menarik untuk tim sales, (3) keberanian untuk pengambilan risiko, (4) dukungan terhadap karyawan dari manajemen, (5) memberikan kesempatan untuk keberhasilan karyawan, (6) sikap proaktif dalam menyikapi persaingan.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleCorporate Entrepreneurship untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Distributor Pelumasid
dc.typeDissertationid
dc.subject.keywordanalytical hyerarchy processid
dc.subject.keywordbisnis pelumasid
dc.subject.keywordcorporate entrepreneurshipid
dc.subject.keywordentrepreneurial leadershipid
dc.subject.keywordentrepreneurial orientationid
dc.subject.keywordperformanceid
dc.subject.keywordstructural equation modelingid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record