Corporate Entrepreneurship untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Distributor Pelumas
Date
2022Author
Wahyudi, Indra
Suroso, Arif Imam
Arifin, Bustanul
Syarief, Rizal
Rusli, Meika Syahbana
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertumbuhan bisnis pelumas di Indonesia meningkat setiap tahun sesuai dengan pertumbuhan sektor industri manufaktur dan sektor otomotif. Tantangan terbesar distributor pelumas adalah sulitnya meningkatkan kinerja perusahaan dikarenakan kondisi persaingan yang cukup tinggi dan tuntutan besar dari pelanggan berupa ketersediaan barang dengan harga yang murah serta target pembelian principal yang besar. Tujuan dari penelitian adalah untuk : (1) menganalisis kondisi saat ini corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership dan kinerja perusahaan distributor pelumas; (2) menganalisis pengaruh hubungan langsung antara corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership terhadap kinerja perusahaan; (3) menganalisis pengaruh hubungan tidak langsung antara entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership melalui corporate entrepreneurship terhadap kinerja perusahaan, (4) merekomendasikan alternatif strategi corporate entrepreneurship dalam hubungannya dengan entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership dalam meningkatkan kinerja perusahaan, (5) merancang model corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership dan kinerja yang bisa diterapkan dalam perusahaan distributor pelumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam menganalisis kondisi dan hubungan antara corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation, entrepreneurial leadership terhadap kinerja perusahaan. Teknik pengolahan data kuantitatif menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Metode selanjutnya adalah kualitatif dalam menentukan strategi corporate entrepreneurship, entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership yang tepat untuk distributor pelumas. Tenik pengolahan yang digunakan untuk penentuan strategi tersebut adalah Analytical Hyerarchy Process (AHP). Jumlah responden untuk kuesioner dalam penelitian ini ada sejumlah 305 responden dan untuk pakar dalam focus group discussion (FGD) yang merangkap pakar untuk AHP ada sejumlah sepuluh pakar. Penelitian dilakukan dari bulan April sampai dengan Juli 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate entrepreneurship dan entrepreneurial leadership berpengaruh positif terhadap kinerja distributor pelumas. Sedangkan entrepreneurial orientation tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja perusahaan. Namun hubungan secara tidak langsung antara entrepreneurial orientation dan entrepreneurial leadership berpengaruh positip melalui corporate entrepreneurship. Alternatif strategi corporate entrepreneurship yang tepat untuk distributor pelumas adalah : (1) perencanaan strategi perusahaan, (2) pembuatan program insetif yang menarik untuk tim sales, (3) keberanian untuk pengambilan risiko, (4) dukungan terhadap karyawan dari manajemen, (5) memberikan kesempatan untuk keberhasilan karyawan, (6) sikap proaktif dalam menyikapi persaingan.
Collections
- DT - Business [105]