ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI VIDEO TRENDING DI YOUTUBE INDONESIA
Abstract
Saat ini, Youtube bukan hanya sebuah situs berbagi media, melainkan dapat menjadi sumber penghasilan. Semakin banyak penonton video, maka AdSense yang didapatkan akan semakin meningkat. Umumnya video yang masuk laman trending mengalami kenaikan jumlah penonton. Seorang content creator perlu mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi video trending di youtube untuk meningkatkan AdSense. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada video trending di youtube Indonesia dan melakukan penerapan regresi logistik biner serta pohon keputusan dalam klasifikasi video trending dan non-trending. Analisis regresi logistik menghasilkan nilai sensitivitas sebesar 62,70%, spesifisitas sebesar 64,31% dan akurasi sebesar 63,99%. Peubah yang memengaruhi klasifikasi video trending adalah kategori saluran, jam video diunggah, hari video diunggah, persentase likes terhadap views dan panjang karakter judul video. Analisis dengan metode pohon keputusan menghasilkan nilai sensitivitas sebesar 73,81%, spesifisitas sebesar 64,31% dan akurasi sebesar 66,24%. Peubah yang berperan dalam pembentukan pohon keputusan adalah banyaknya views, kategori saluran, total video pada saluran, persentase likes terhadap views, persentase dislikes terhadap views, dan jumlah subscriber.