Analisis Pendapatan dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Petani Tebu Mengikuti Program Candi Smart Farming (Studi Kasus: Pabrik Gula Candi Baru, Kabupaten Sidoarjo)
Date
2021Author
Denawan, Satria Said Raihan
Nindyantoro
Nababan, Benny Osta
Metadata
Show full item recordAbstract
Pabrik Gula Candi Baru menciptakan program candi smart farming sebagai usaha menghadapi produktivitas tebu yang menurun di Kabupaten Sidoarjo, dengan memanfaatkan drone dan aplikasi smartphone. Namun, program candi smart farming belum berjalan secara optimal karena keterbatasan kemampuan teknologi dan jumlah anggota yang masih sedikit. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui persepsi petani tebu terhadap program candi smart farming di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur; (2) Membandingkan pendapatan antara petani tebu yang mengikuti program candi smart farming dengan yang tidak mengikuti program candi smart farming; (3) Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan petani tebu untuk mengikuti program candi smart farming. Metode analisis yang digunakan adalah analisis skala likert, analisis R/C ratio, dan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani smart farming terkait alasan mengikuti program candi smart farming karena adanya akses peminjaman modal, sedangkan persepsi petani non smart farming terkait alasan tidak mengikuti program karena tidak mengetahui fitur-fitur layanan yang ditawarkan oleh program secara detail. Nilai R/C ratio atas biaya tunai dan biaya total pada petani smart farming lebih tinggi dibandingkan dengan petani non smart farming. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan petani tebu untuk mengikuti program candi smart farming adalah lama pendidikan petani dan lama pengalaman usahatani tebu. Candi Baru Sugar Factory created a candi smart farming program as an effort to deal with declining sugarcane productivity in Sidoarjo Regency, by utilizing drones and smartphone applications. However, the program has not run optimally due to limited technological capabilities and and few members. The objectives of this study were: (1) to determine the perception of sugarcane farmers towards the candi smart farming program; (2) Comparing the income between smart farmers and non-smart farmers; (3) Analyzing the factors that influence sugarcane farmers' decisions to participate in the candi smart farming program. The analytical methods used are Likert scale, R/C ratio analysis, and binary logistic regression. The results showed that the perception of smart farmers regarding the reason for participating in the program was due to access to loan capital, while non-smart farmers did not participate in the program because they did not know the features of the services offered by the program in detail. The value of the R/C ratio for smart farmers is higher than for non-smart farmers. The factors that significantly influence the sugarcane farmer's decision to participate in the candi smart farming program are the length of farmer's education and experience in sugarcane farming.