Show simple item record

dc.contributor.advisorBaga, Lukman Mohammad
dc.contributor.advisorBurhanuddin
dc.contributor.authorNur T, Fanny Iswarini
dc.date.accessioned2021-07-22T13:18:27Z
dc.date.available2021-07-22T13:18:27Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/107687
dc.description.abstractPembangunan pertanian bertujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani khususnya di Sulawesi Tengah. Salah satu komoditas andalan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani adalah komoditas bawang merah lokal Palu. Komoditas tersebut sangat cocok untuk kondisi iklim, tanah dan peluang pasar untuk mengembangkan komoditas tersebut. Di Sulawesi Tengah khususnya di Lembah Palu terdapat produk bawang merah lokal yang berkualitas. Bawang ini hanya bisa tumbuh di tanah Kota Palu. Menurut beberapa orang yang pernah mencobanya, bawang merah batu tidak bisa tumbuh di kota lain di Indonesia. Bawang merah lokal Palu (bawang batu) digunakan sebagai sumber bahan baku untuk bawang goreng. Bawang goreng di Palu dinilai memiliki kekhasan, wanginya lebih tajam, rasanya gurih dan keping bawangnya juga renyah, sera bisa awet hingga setahun lamanya. Peluang tersebut menjadikan industri bawang goreng di Kota Palu semakin berkembang. UD. HJ. MBOK SRI merupakan pelopor usaha bawang goreng pertama di Kota Palu dengan standar mutu kualitas yang sudah terjamin serta sudah bersertifikasi tinggi dibandingkan dengan usaha bawang goreng lainnya yang ada di Kota Palu. Usaha HJ. MBOK SRI telah berdiri sejak tahun 1980. Kegiatan produksi sehari-hari tidak terlepas dari struktur modal yang digunakan sehingga dapat mencapai tujuannya yaitu memperoleh laba atau keuntungan yang besar. Modal yang digunakan untuk memproduksi bawang goreng pun berasal dari modal sendiri sejak tahun 2016. Sebelumnya, UD. HJ. MBOK SRI memakai modal pinjaman dari bank. Sejak usahanya terus berkembang UD. HJ. MBOK SRI memberanikan diri untuk melepas modal pinjaman dari bank yang bunganya sangat banyak. Saat ini, potensi yang dimiliki oleh UD. HJ. MBOK SRI masih belum dioptimalkan dengan baik oleh pemilik usaha dikarenakan keterbatasan pasokan bahan baku sehingga permintaan pasar masih belum terpenuhi semuanya. UD. HJ. MBOK SRI perlu meningkatkan strategi pengembangan inovasi dalam memperluas area marketing produknya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis terkini dari UD. HJ. MBOK SRI dengan menganalisis dan menyusun alternatif strategi baru berdasarkan analisis Business Model Canvas (BMC). Metode data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dari hasil studi lapangan dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner sebagai pedoman, sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari hasil studi literatur, profil dan laporan UD. HJ. MBOK SRI, serta dinas atau instansi yang terkait dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan pemetaan model bisnis terkini berdasarkan 9 elemen yang ada pada BMC. Pemetaan model bisnis yang telah selesai kemudian akan dilanjutkan dengan analisis SWOT pada setiap elemen BMC dan menentukan strategi dari isu strategis yang diangkat untuk mengatasi masalah yang ada pada UD. HJ. MBOK SRI. Setelah mengidentifikasi strategi dari isu yang ada, dilakukan FGD (Focus Grup Discussion) yang selanjutnya dari hasil FGD ini akan dikombinasikan ke dalam model bisnis perbaikan UD. HJ. MBOK SRI yang baru dengan menggunakan perspektif Blue Ocean Strategy (BOS). Berdasarkan dari hasil penelitian, pemetaan BMC yang dilakukan pada UD. HJ. MBOK SRI saat ini menunjukkan perlu adanya perubahan strategi karena masih adanya segmentasi pasar yang memiliki peluang dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan serta kemitraannya. Dari analisis SWOT yang dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadap faktor internal dan eksternal UD. HJ. MBOK SRI, saat ini masih memiliki kelemahan strategis berupa belum optimalnya dalam memenuhi permintaan pasar, kurangnya media informasi yang ada, tidak dapat memprediksi ketersediaan stok bahan baku dan masih memiliki skala usaha yang relatif kecil. Perlu adanya pemanfaatan peluang-peluang strategis dalam mengatasi kelemahan UD. HJ. MBOK SRI seperti dengan meningkatkan pelayanan produk dapat menambah pendapatan, terbukanya segmen pelanggan yang baru, penggunaan jejaring sosial untuk menjangkau semua segmen pelanggan, adanya peran fasilitator dalam menstandarisasi aktivitas kunci. Tidak hanya kelemahan dan peluang saja UD. HJ. MBOK SRI juga memiliki ancaman dan kekuatan. Ancaman strategis yang perlu diperhatikan usaha yaitu adanya substitusi produk bawang goreng yang tersedia, berpindahnya pelanggan ke produsen lain, adanya gangguan dalam pasokan bawang merah dan munculnya pesaing yang mengancam pangsa pasar. Untuk menghindari ancaman tersebut maka perlu adanya pemanfaatan pada kekuatan yang dimiliki UD. HJ. MBOK SRI dalam meminimalisir ancaman. Adapun kekuatan yang dimiliki usaha yaitu segmentasi pelanggan yang baru, standar mutu kualitas produk yang dihasilkan terjamin, serta memiliki jaringan pemasok yang terintergrasi. Strategi yang dihasilkan analisis SWOT ini kemudian akan dievaluasi menggunakan BOS yang kemudian akan diterapkan pada perbaikan BMC baru milik UD. HJ. MBOK SRI. Alternatif strategi yang dapat diupayakan dalam pengembangan UD. HJ. MBOK SRI dapat difokuskan kepada elemen customer segments, value prepositions, channels, customer relationships dan key partnerships yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan jejaring sosial dapat menambah segmen pelanggan yang baru serta dengan meningkatkan proposisi nilai akan berpengaruh terhadap hubungan pelanggan yang semakin baik, hubungan kemitraan juga akan terjalin dengan baik, serta aktivitas kunci akan berjalan lancar, dan sumberdaya utama juga akan semakin memadai, sehingga arus pendapatan semakin meningkat dan struktur biaya bisa dikelola dengan baik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleStrategi Pengembangan Bisnis Bawang Goreng UD. Hj. Mbok Sri di Kota Palu Sulawesi Tengahid
dc.title.alternativeBusiness Development Strategy of Fried Onion in Palu City Central Sulawesiid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordbusiness model canvassid
dc.subject.keywordred onionid
dc.subject.keywordshallotsid
dc.subject.keywordUd. Hj. Mbok Sriid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record