Show simple item record

dc.contributor.advisorYopi, Novita
dc.contributor.advisorBudhi Hascaryo, Iskandar
dc.contributor.authorSudirman, S
dc.date.accessioned2021-03-04T23:49:42Z
dc.date.available2021-03-04T23:49:42Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/106175
dc.description.abstractSejak tahun 2013, banyak kapal kargo yang dibangun di galangan kapal di Kabupaten Bulukumba, tidak dilanjutkan lagi pembangunannya. Hal ini dikarenakan banyak pemilik kapal kargo mengalami kebangkrutan sejak kenaikan harga bahan bakar. Dampak dari tidak dilanjutkannya pembangunana kapal kargo menyebapkan kerugian kepada pihak galangan kapal karena pihak pemesan kapal tidak melunasi biaya pembuatan kapal. Sehingga pihak galangan kapal berusaha menawarkan kapal kargo terbengkalai dimodifikasi menjadi kapal purse seine. Kapal purse seine hasil modifikasi dari kapal kargo tersebut kurang diminati oleh pengusaha perikanan. Hal ini dikarenakan pengusaha perikanan tidak memiliki keyakinan akan kemampuan kapal purse seine modifikasi. Pemilik galangan tidak memiliki informasi yang cukup dan valid untuk meyakinkan pembeli, terkait kelayakan kapal purse seine modifikasi tersebut untuk mengoperasikan alat tangkap purse seine. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi disain kapal purse seine ideal Bulukumba berdasarkan persepsi nakhoda kapal purse seine dan kapal kargo yang terbengkalai. (2) Menghitung dan membandingkan kemampuan turning ability, ketersediaan working area dan kapasitas palka pada kapal purse seine ideal dengan kapal kargo yang masih terbengkalai. (3) Menentukan kesetaraan kelayakan kapal kargo terbengkalai dengan kapal purse seine ideal berdasarkan persepsi nelayan di Kabupaten Bulukumba. Data dikumpulkan dengan metode accidental sampling dengan memilih nahkoda kapal yang dianggap handal dengan pengalaman minimal 5 tahun menjadi nahkoda kapal. Nakhoda diminta untuk menunjukkan kapal purse seine yang dianggap memiliki desain yang ideal. Kapal yang telah ditunjuk akan diamati bentuk linggi, buritan dan kasko serta diukur dimesi utama, luas working area serta volume kapal Dari hasil penelitian didapatkan kapal purse seine ideal yang dipilih oleh para nelayan memiliki bentuk linggi lunas RBT, bentuk linggi buritan cruise, bentuk kasko melintang round bottom dan bentuk kasko membujur transom. Kapal kargo terbengkalai memiliki manuver yang lebih baik dari pada kapal purse seine ideal namun dari segi kecepatan kapal purse seine ideal lebih baik. Kapal kargo terbengkalai dapat dijadikan kapal purse seine karena memiliki disain bentuk linggi, kasko dan luasan area terbuka pada working area sama dengan kapal purse seine ideal.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleKelayakan Kapal Kargo Yang Akan Dimodifikasi Menjadi Kapal Purse Seineid
dc.title.alternativeFeasibility of Cargo Vessels To Be Modified Into A Purse Seine Vesselsid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordkapalid
dc.subject.keywordpurse seineid
dc.subject.keywordCUNOid
dc.subject.keywordlinggiid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record