dc.description.abstract | AKSI merupakan upaya pemantauan mutu pendidikan secara nasional atau
daerah melalui survei oleh Puspendik, Kemendikbud. Struktur data AKSI
merupakan data berjenjang dengan siswa tersarang di sekolah, sehingga siswa
yang berada pada sekolah yang sama cenderung memiliki kemiripan karakteristik.
Penelitian ini didekati dengan pemodelan regresi dua level pada data AKSI
dengan capaian siswa sebagai level kesatu yang tersarang pada sekolah sebagai
level kedua. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model regresi dua level
untuk mengidentifikasi pengaruh global awareness terhadap capaian siswa bidang
membaca. Model koefisien acak merupakan model terbaik dibandingkan dengan
model intersep acak. Peubah level siswa yang mempengaruhi skor membaca
siswa adalah jenis kelamin, pendidikan ayah, kemampuan beradaptasi,
kemampuan berkomunikasi, pemahaman mengenai masalah global, serta toleransi
terhadap perbedaan agama dan budaya. Peubah skor akreditasi sekolah juga
berpengaruh terhadap skor membaca siswa. Keragaman skor membaca siswa yang
dijelaskan oleh peubah level siswa dan level sekolah masing-masing sebesar
10.49% dan 25.39%. | id |