Strategi Pelaksanaan Pemasaran Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Higienis Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan Cirebon
View/ Open
Date
2020Author
Fadillah, Fikri Ernan
Lubis, Ernani
Nugroho, Thomas
Metadata
Show full item recordAbstract
Kegiatan pelelangan ikan dapat membantu nelayan dan pedagang mendapatkan harga ikan yang layak. Penelitian dilakukan untuk memberikan informasi agar pengelola Tempat Pelelangan Ikan dapat melaksanakan kembali kegiatan pelelangan ikan. Hasil wawancara diperoleh informasi bahwa aktivitas pelelangan ikan di TPI higienis PPN Kejawanan sudah tidak terlaksana semenjak tahun 2004. Penelitian bertujuan mengetahui faktor penyebab tidak terlaksananya pelelangan ikan dan mendapatkan strategi yang baik agar kembali terlaksananya pelelangan ikan di TPI higienis PPN Kejawanan. Metode penelitian adalah studi kasus. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer wawancara, persepsi responden mengenai keinginan untuk pelelangan ikan dan mengetahui faktor-faktor penyebab tidak terlaksananya pelelangan ikan; pengamatan langsung kondisi fasilitas serta sanitasi TPI higienis. Data sekunder meliputi volume dan nilai ikan hasil tangkapan 10 tahun ke belakang. Metode penentuan sampel adalah menggunakan metode purposive sampling dan quota sampling. Jumlah responden sebanyak 37 orang diantaranya 30 nelayan, 4 pengelola KUD, dan 3 pengelola TPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab tidak terlaksananya pelelangan ikan antara lain kurangnya modal dari para pedagang, adanya persaingan harga ikan dan adanya PPI di sekitar PPN Kejawanan. Strategi yang dilakukan adalah meningkatkan kerjasama antara pengelola KUD yang memberikan pinjaman modal kepada pembeli ikan serta mensosialisasikan gedung TPI yang sudah higienis.