Analisis Pendapatan dan Persepsi Masyarakat terhadap Usaha Ternak Ayam Pedaging Adhita Farm
Abstract
Wilayah di daerah Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, yaitu di Kecamatan Getasan, merupakan salah satu daerah yang masyarakatnya banyak melakukan usaha ternak ayam pedaging. Peternak di Kecamatan Getasan, tepatnya di Desa Polobogo, yang mengusahakan peternakan ayam pedaging adalah usaha ternak ayam pedaging Adhita Farm. Dalam menjalankan kegiatan usaha ternak ayam pedagingnya, Adhita Farm melakukan kerja sama (bermitra). Tingginya harga pakan dan DOC yang diberikan dari perusahaan mitra mempengaruhi kondisi pendapatan peternak, karena biaya pemeliharaan yang menjadi beban peternak meningkat. Usaha ternak ayam pedaging Adhita Farm juga menimbulkan respon dari masyarakat sekitar karena adanya dampak yang dirasakan masyarakat terhadap aktivitas produksi ayam pedaging. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pendapatan usaha ternak ayam pedaging Adhita Farm. 2) Menganalisis persepsi masyarakat Desa Polobogo terhadap usaha ternak ayam pedaging Adhita Farm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dengan analisis R/C-ratio, analisis deskriptif, dan skala likert dengan jumlah responden sebanyak 54 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan yang diperoleh peternak Adhita Farm bernilai positif, usaha ternak ayam pedaging Adhita Farm telah efisien dan menguntungkan. Hal ini terlihat dari nilai R/C-ratio yang menunjukkan nilai lebih besar dari satu yaitu sebesar 1.24. Persepsi responden terhadap adanya usaha ternak ayam pedaging Adhita Farm terhadap aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan menunjukkan adanya persepsi positif.