Dampak Masyarakat Ekonomi ASEAN terhadap Efek Kreasi dan Efek Diversi Perdagangan Kopi Indonesia
Abstract
Perekonomian yang terbuka mendorong negara-negara untuk melakukan
integrasi ekonomi regional. Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan bentuk
integrasi ekonomi regional kawasan Asia Tenggara. Tujuan MEA yaitu menjadikan
ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, dimana arus barang, jasa,
investasi, tenaga terampil serta aliran modal secara bebas. MEA memberikan
dampak positif dan dampak negatif pada negara-negara anggota termasuk Indonesia
yaitu efek kreasi dan efek diversi terutama pada perdagangan kopi. Penelitian ini
mengkaji dampak MEA terhadap daya saing kopi dan menganalisis terjadinya efek
kreasi dan efek diversi. Metode yang digunakan adalah RCA dan metode panel
statis. Data cross section meliputi 14 negara termasuk anggota MEA dan non
anggota MEA, sedangkan data time series digunakan dari tahun 2010-2017. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kopi Indonesia mempunyai daya saing yang kuat
(RCA>1) di negara tujuan ekspor. Sedangkan MEA memberikan dampak negatif
yaitu efek diversi pada perdagangan kopi Indonesia.