Show simple item record

dc.contributor.advisorBasith, Abdul
dc.contributor.advisorCahyadi
dc.contributor.authorKusumah, Saryani Jaya
dc.date.accessioned2020-07-28T01:07:53Z
dc.date.available2020-07-28T01:07:53Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103265
dc.description.abstractSekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (SPs IPB) merupakan lembaga pendidikan tinggi penyelenggara program pascasarjana (Magister dan Doktor) berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa dengan menerapkan ISO 9001 2015 dengan lingkup seluruh layanan, mulai dari akademik, keuangan, fasilitas pendidikan dan pengajaran (khusus program studi multidisiplin). Namun setelah diterapkannya Standar Manajemen Mutu tersebut ternyata masih terdapat beberapa kekurangan yang dirasakan oleh mahasiswa yang terkait sumberdaya manusia, layanan administrasi, dan fasilitas. Kondisi seperti ini mengindikasikan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan yang diterima mahasiswa. Implikasinya kepuasan, kepercayaan dan loyalitas mahasiswa dapat menurun. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan mahasiswa, tingkat kepentingan indikator kualitas layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan dan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan, kepuasan terhadap kepercayaan dan loyalitas, dan kepercayaan terhadap loyalitas. Metode yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan SEM PLS. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 356 sampel. Setelah diolah dengan menggunakan CSI diketahui bahwa mahasiswa merasakan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh SPs IPB. Hasil analisis IPA pun menunjukkan bahwa indikator yang penting dan harus diperhatikan kinerjanya berada pada kuadran I adalah 12 indikator yang tersebar pada lima variabel SERVQUAL. Berdasarkan hasil analisis SEM PLS diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan jasa pendidikan yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah reliability dan assurance. Hasil analisis SEM PLS juga menunjukkan bahwa variabel kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan dan loyalitas, dan variabel kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcManagementid
dc.subject.ddcHuman resources managementid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordkualitas pelayanan pendidikanid
dc.subject.keywordkepuasanid
dc.subject.keywordkepercayaanid
dc.subject.keywordloyalitasid
dc.subject.keywordSEMid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record