View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Economic and Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (48.03Mb)
      Date
      2019
      Author
      Kusumah, Saryani Jaya
      Basith, Abdul
      Cahyadi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (SPs IPB) merupakan lembaga pendidikan tinggi penyelenggara program pascasarjana (Magister dan Doktor) berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa dengan menerapkan ISO 9001 2015 dengan lingkup seluruh layanan, mulai dari akademik, keuangan, fasilitas pendidikan dan pengajaran (khusus program studi multidisiplin). Namun setelah diterapkannya Standar Manajemen Mutu tersebut ternyata masih terdapat beberapa kekurangan yang dirasakan oleh mahasiswa yang terkait sumberdaya manusia, layanan administrasi, dan fasilitas. Kondisi seperti ini mengindikasikan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan yang diterima mahasiswa. Implikasinya kepuasan, kepercayaan dan loyalitas mahasiswa dapat menurun. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan mahasiswa, tingkat kepentingan indikator kualitas layanan yang berpengaruh terhadap kepuasan dan pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan, kepuasan terhadap kepercayaan dan loyalitas, dan kepercayaan terhadap loyalitas. Metode yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut adalah Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA) dan SEM PLS. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 356 sampel. Setelah diolah dengan menggunakan CSI diketahui bahwa mahasiswa merasakan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh SPs IPB. Hasil analisis IPA pun menunjukkan bahwa indikator yang penting dan harus diperhatikan kinerjanya berada pada kuadran I adalah 12 indikator yang tersebar pada lima variabel SERVQUAL. Berdasarkan hasil analisis SEM PLS diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan jasa pendidikan yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah reliability dan assurance. Hasil analisis SEM PLS juga menunjukkan bahwa variabel kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan dan loyalitas, dan variabel kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103265
      Collections
      • MT - Economic and Management [2324]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository