dc.description.abstract | Hadirnya berbagai toko digital pada berbagai marketplace membantu orang
tua dalam pemenuhan kebutuhan akan alat permainan anak edukatif. Identifikasi
terhadap toko-toko digital tersebut diperlukan agar mendapat informasi toko-toko
yang bereputasi baik dan menjual produk yang lengkap. Penelitian ini bertujuan
menggerombolkan toko-toko digital dengan pendekatan cluster ensemble based
mixed data clustering (CEBMDC). Tipe data yang digunakan pada peubah reputasi
toko adalah numerik dan kategorik, sedangkan peubah kelengkapan produk adalah
biner. Analisis cluster ensemble yang diterapkan berbasis pada metode hirarki
pautan lengkap pada data numerik, squeezer pada data kategorik, dan kesamaan
simple matching untuk data biner. Penggerombolan terhadap 260 toko pada
marketplace X menghasilkan tiga gerombol. Gerombol pertama berjumlah 76 toko,
gerombol kedua 162 toko, dan gerombol ketiga 22 toko. Toko-toko yang terdapat
pada gerombol pertama merupakan toko-toko yang memiliki reputasi lebih baik
namun produk yang ditawarkan kurang lengkap. Gerombol kedua merupakan tokotoko
yang memiliki reputasi lebih baik dan menawarkan produk yang lebih lengkap.
Toko-toko pada gerombol ketiga memiliki reputasi yang kurang baik, namun
menawarkan produk lebih lengkap. | id |