Analisis Persepsi Wisatawan dan Estimasi Nilai Keberadaan Kebun Raya Bogor.
View/ Open
Date
2019Author
Hidayat, Renaldi Saputra
Buitenzorgy, Meilanie
Hidayat, R Syamsul
Metadata
Show full item recordAbstract
Kebun Raya Bogor (KRB) merupakan tempat konservasi botani eks-situ di
Kota Bogor yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Kekayaan sumberdaya alam yang terdapat di KRB memiliki banyak manfaat yang
perlu dilestarikan. Berdasarkan data laporan tahunan LIPI tahun 2019, tingkat
kunjungan wisatawan KRB mengalami peningkatan pada sembilan tahun terakhir.
Peningkatan kunjungan wisatawan akan berpotensi mengurangi fungsi dan manfaat
jasa lingkungan di KRB pada masa mendatang. Hal tersebut disebabkan jumlah
wisatawan yang akan melebihi kapasitas daya dukung ekosistem di KRB. Oleh
karena itu partisipasi dari wisatawan selaku pemanfaat jasa lingkungan diperlukan
dalam menjaga kelestarian KRB. Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi
wisatawan adalah dengan memberikan informasi mengenai nilai ekonomi KRB.
Persepsi wisatawan mengenai kondisi lingkungan KRB diperlukan pengelola KRB
sebagai pertimbangan untuk mengembangkan KRB. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) Mengetahui persepsi wisatawan terhadap kondisi lingkungan KRB, (2)
Mengestimasi nilai keberadaan (existence value) KRB, dan (3) Mengidentifikasi
faktor-faktor yang memengaruhi nilai willingness to pay (WTP) pengunjung KRB.
Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan wisatawan dan pengelola
KRB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, contingent
valuation method, dan regresi logistik ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persepsi wisatawan mengenai kondisi lingkungan KRB sangat baik berdasarkan
tujuh aspek penilaian: kebersihan, keindahan, kesejukan, keamanan, kelengkapan
fasilitas, kondisi keterawatan fasilitas dan kenyamanan. Hasil estimasi nilai
keberadaan KRB sebesar Rp 24.898.614.650 per tahun dengan dugaan rataan WTP
sebesar Rp 27.950 per wisatawan per tahun. Faktor-faktor yang memengaruhi nilai
WTP pada nilai keberadaan adalah usia, pendapatan keluarga, dan jarak tempat
tinggal ke KRB.