Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhaeni, Cici
dc.contributor.advisorSumertajaya, I Made
dc.contributor.authorNovariani, Sinta
dc.date.accessioned2020-02-18T00:38:44Z
dc.date.available2020-02-18T00:38:44Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102099
dc.description.abstractPerkembangan sistem jual beli online yang semakin pesat memudahkan ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbelanja. Marketplace adalah salah satu tempat yang biasa digunakan untuk belanja online. Salah satu kategori yang mengalami pertumbuhan pada suatu Marketplace adalah toko-toko yang menjual perlengkapan bayi atau lebih dikenal dengan sebutan babyshop. Identifikasi terhadap toko-toko digital tersebut diperlukan agar mendapat informasi toko-toko yang bereputasi baik dan menjual produk yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk menggerombolkan babyshop pada marketplace X yang bereputasi baik dan menjual produk lengkap menggunakan analisis gerombol dengan ukuran ketidakmiripan Gower. Data reputasi toko dan kelengkapan produk memiliki tipe kategorik dan numerik (disebut data campuran). Salah satu metode yang dapat diterapkan pada data tersebut adalah metode hirarki dengan ukuran ketidakmiripan Gower. Hasil dari penggerombolan terhadap 300 toko didapatkan bahwa gerombol optimal yang terbentuk adalah tiga gerombol berdasarkan rasio ������������������/������������������ terendah. Gerombol pertama berjumlah 174 toko, gerombol kedua 124 toko, dan gerombol ketiga dua toko. Toko-toko yang terdapat pada gerombol pertama merupakan toko-toko yang memiliki reputasi baik dan produk yang ditawarkan lengkap. Gerombol kedua merupakan toko-toko yang memiliki reputasi cukup baik namun produk yang ditawarkan kurang lengkap. Toko-toko pada gerombol ketiga memiliki reputasi yang kurang baik dan produk yang ditawarkan cukup lengkap.id
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcCluster Analysisid
dc.subject.ddc2019id
dc.subject.ddcJakartaid
dc.titlePenggerombolan Babyshop pada Marketplace X Menggunakan Ukuran Ketidakmiripan Gowerid
dc.subject.keywordanalisis gerombolid
dc.subject.keywordbabyshopid
dc.subject.keywordclustering data campuranid
dc.subject.keywordmarketplaceid
dc.subject.keywordukuran ketidakmiripan Gowerid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record