Nilai Harapan Waktu Tunggu dan Banyaknya Pelanggan pada Model Antrean M/M/1 dengan Pelayanan Terganggu
View/ Open
Date
2019Author
Afifah, Nada
Mangku, I Wayan
Budiarti, Retno
Metadata
Show full item recordAbstract
Karya ilmiah ini membahas model antrean tipe �������/�������/1 dengan pelayanan
terganggu. Pelayanan terganggu terjadi ketika lingkungan sistem dalam keadaan
sibuk sehingga pesan dari server tidak tersampaikan dengan jelas ke pelanggan.
Proses kedatangan pelanggan mengikuti proses Poisson dengan laju sebesar �������.
Disiplin antrean yang digunakan dalam model ini adalah First Come First Serve.
Ukuran kinerja yang dibahas adalah nilai harapan banyaknya pelanggan dan
waktu tunggu pelanggan, yang diperoleh menggunakan diferensial pertama dari
fungsi pembangkit peluang banyaknya pelanggan. Langkah awal adalah
mendefinisikan matriks infinitesimal ������� melalui diagram transisi. Selanjutnya
mencari fungsi pembangkit peluang menggunakan sebaran stasioner.
Collections
- UT - Mathematics [1439]