dc.contributor.advisor | Sudibyo, Tri | |
dc.contributor.author | Fidianti, Widia Cahyani | |
dc.date.accessioned | 2020-01-29T04:20:32Z | |
dc.date.available | 2020-01-29T04:20:32Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/101394 | |
dc.description.abstract | Perbaikan untuk meningkatkan kualitas jalan perlu dilakukan seiring dengan pentingnya fungsi jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi jalan dengan menggunakan metode visual berdasarkan banyaknya kerusakan. Berdasarkan ASTM D6433-07 2007, kondisi perkerasan dapat dinilai menggunakan pavement condition index (PCI) dan kemudian diklasifikasikan berdasarkan nilai PCI. Penelitian ini berlokasi di Jalan Salabenda Raya Bogor sepanjang 550 m mulai dari Sta 0+000 koordinat 106o 45’ 22” LS dan 6o 32’ 34” BTsampai Sta 0+550 pada koordinat 106o 45’ 49” LS and 6o 32’ 26” BT. Jalan ini memiliki 2 arah dengan lebar 2.5 m dan tipe perkerasan adalah perkerasan lentur. Nilai PCI berdasarkan keseluruhan unit perhitungan adalah 28.8 dengan kategori sangat buruk. Usaha penanganan yang digunakan ialah dengan rekonstruksi ulang jalan berdasarkan nilai PCI. Rekomendasi perkerasan baru yang disarankan berdasarkan metode MDP 2017 adalah lapis AC WC 40 mm, AC BC 60 mm, AC base 75 mm, CTB 150 mm, dan pondasi agregat kelas A 150 mm. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | IPB University | id |
dc.subject.ddc | Civil Engineering | id |
dc.subject.ddc | Environmental engineering | id |
dc.title | Penilaian Kondisi Jalan dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) serta Rekomendasi Desain Perkerasan Jalan | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | kerusakan jalan | id |
dc.subject.keyword | pavement condition index (PCI) | id |
dc.subject.keyword | perkerasan lentur | id |