Efisiensi dan Saluran Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) di Kota Sibolga
View/ Open
Date
2019Author
Tampubolon, Calvin Natanael
Oktariza, Wawan
Wiyono, Eko Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Cakalang merupakan salah satu komoditas yang dominan hasil tangkapannya di Kota Sibolga. Hal tersebut dikarenakan produksi ikan cakalang pada tahun 2018 mencapai 50% dari total produksi ikan di Kota Sibolga. Produksi ikan cakalang yang sangat besar di Kota Sibolga, dapat membuat suatu persaingan diantara setiap lembaga pemasaran dari segi pemasaran. Persaingan tersebut dapat mempengaruhi keuntungan dari setiap lembaga pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi saluran pemasaran, lembaga pemasaran, dan fungsi-fungsi pemasaran yang terbentuk dalam pemasaran ikan cakalang di Kota Sibolga, menganalisis struktur pasar dan perilaku pasar yang terbentuk pada sistem pemasaran ikan cakalang di Kota Sibolga, dan menganalisis efisiensi pemasaran ikan cakalang pada musim puncak, paceklik dan peralihan di Kota Sibolga. Metode analisis yang akan digunakan adalah analisis lembaga dan saluran pemasaran, fungsi pemasaran, dan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I dari TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dengan marjin pemasaran Rp. 1 500 per kg dan fisherman’s share 90% pada musim puncak, marjin pemasaran Rp. 2 000 per kg dan fisherman’s share 89% pada musim peralihan, dan pada musim paceklik mempunyai marjin pemasaran Rp. 2 000 per kg dan fisherman’s share 91%.