Analisis Konjoin untuk Menentukan Preferensi Konsumen dalam Memilih Marketplace (Studi Kasus: Mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor, Dramaga).
View/ Open
Date
2019Author
Nisa, Nabilla Rida Tri
Masjkur, Mohammad
Suhaeni, Cici
Metadata
Show full item recordAbstract
Jumlah marketplace di Indonesia terus mengalami peningkatan pada era saat
ini. Hal ini menyebabkan konsumen menjadi lebih selektif dalam memilih
marketplace untuk berbelanja. Pihak marketplace juga semakin bersaing dalam
mengembangkan marketplace-nya agar menjadi marketplace yang paling diminati
konsumen. Analisis konjoin adalah analisis yang tepat dan dapat digunakan untuk
mengetahui preferensi dalam memilih marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kombinasi taraf-taraf atribut yang paling disukai konsumen dalam
memilih marketplace sebagai tempat berbelanja dengan menggunakan analisis
konjoin. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data hasil survei terhadap
mahasiswa S1 IPB Dramaga mengenai preferensi mahasiswa dalam memilih
marketplace. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa promo gratis biaya
pengiriman dengan jumlah pembelian tertentu, cara pembayaran melalui transfer
ATM / internet banking / mobile banking, menggunakan jasa pengiriman JNE/
J&T/ TIKI/ POS, menyediakan testimoni customer, serta tampilan aplikasi yang
bagus dan menarik cenderung diminati konsumen. Nilai Relatif Penting (NRP)
menunjukkan bahwa atribut metode pembayaran merupakan atribut yang sangat
diutamakan oleh konsumen dalam memilih marketplace sebagai tempat berbelanja.