Pemetaan Hasil Ujian Nasional SMA Menggunakan Metode K-Rataan Samar.
View/ Open
Date
2019Author
Habibie, Nouval
Rizki, Akbar
Silvianti, Pika
Metadata
Show full item recordAbstract
Hasil ujian nasional (UN) dapat menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan nasional dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pemetaan tersebut dapat dilakukan menggunakan analisis gerombol samar. Penelitian ini bertujuan menggerombolkan kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan hasil UN jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial pada tahun ajaran 2014/2015 sampai 2017/2018 menggunakan metode k-rataan samar. Analisis gerombol samar memiliki derajat keanggotaan yang memungkinkan objek menjadi anggota beberapa kelompok. Kriteria evaluasi yang akan digunakan adalah rasio simpangan baku, koefisien siluet, dan indeks Xie Beni. Ukuran gerombol terbaik adalah dua gerombol, yaitu A dan B. Hasil penggerombolan menunjukkan gerombol A konsisten memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi pada tiap mata pelajaran dibandingkan dengan gerombol B. Oleh sebab itu, gerombol A dikategorikan sebagai gerombol baik, sedangkan gerombol B kurang baik. Kabupaten/kota yang termasuk dalam gerombol A terus berkurang setiap tahun. Solusi gerombol akhir ditentukan menggunakan rata-rata dari derajat keanggotaan sebagai simpulan dari empat tahun ajaran. Hasil analisis menunjukkan penyebaran mutu pendidikan di Indonesia masih belum merata dan terfokus di Pulau Jawa serta kota-kota besar. Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara merupakan provinsi yang sama sekali tidak memiliki kabupaten/kota yang termasuk dalam gerombol A.