Evaluasi Stabilitas dan Emotional Sensory Mapping Produk Teh dalam Kemasan PET.
Abstract
Teh merupakan minuman yang populer dengan daya konsumsi yang tinggi.
Peningkatan tren teh salah satunya disebabkan variasi penyajian dalam kemasan
PET. Tingkat penetrasi pasar dan peluang bisnis yang tinggi telah mendorong
banyak perusahaan untuk memproduksi teh dalam kemasan PET. Salah satu
permasalahan yang dihadapi produsen adalah penurunan pH dan polifenol akibat
suhu dan cahaya selama penyimpanan. Penurunan polifenol sampai di bawah
standar mutu yang ada menyebabkan produk tidak dapat dipasarkan. Pemilihan
konsumen terhadap suatu produk teh ditentukan oleh emosi yang dirasakan
konsumen ketika mencicipi suatu produk tertentu. Salah satu faktor yang
membentuk emosi adalah profil sensori yang terdapat pada suatu produk teh.
Pemetaan profil sensori dan emosi dilakukan dengan metode CATA menggunakan
panel konsumen dan perangkat lunak XLSTAT. Data yang dihasilkan disajikan
dalam bentuk biplot antara profil sensori dan emosi untuk melihat kesukaan
konsumen terhadap suatu produk teh.