Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83632
Title: Analisis Operasional BPJS Kesehatan Berdasarkan Prinsip Syariah dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan.
Authors: Rindayati, Wiwiek
Ali, Khalifah Muhamad
Kurniawan, Dwiki
Issue Date: 2017
Publisher: IPB (Bogor Agricultural University)
Abstract: Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor utama bagi tercapainya keberhasilan pembangunan di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, sosial budaya, dan kesehatan. Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 mengatur tentang BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan mengalami berbagai permasalahan dalam menjalankan programnya yakni pelayanan yang diberikan kepada peserta kurang memuaskan dikarenakan terjadinya diskriminasi. Dalam sistem operasionalnya terdapat unsur gharar, maysir, dan riba. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji operasional BPJS Kesehatan berdasarkan prinsip syariah serta mengukur dan menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Network Process (ANP), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Ordinary Least Square (OLS). Hasil prioritas ANP menunjukkan bahwa faktor akad paling berpengaruh terhadap BPJS Kesehatan sebesar 0.52. Pengukuran CSI sebesar 66%. Ini artinya tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan, peserta merasa cukup puas atas pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Terdapat 3 variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yakni jaminan, empati dan bukti fisik.
URI: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/83632
Appears in Collections:UT - Economics and Development Studies

Files in This Item:
File SizeFormat 
H17dku.pdf
  Restricted Access
24.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.